oleh

3 Perlakuan Ayah yang Terus Lekat di Ingatan Anak

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Marah, bahagia, kecewa, gembira. Sebagai sebuah keluarga, Anda dan pasangan serta anak-anak pasti akan melewatinya. Masalah atau hal apapun yang dialami akan menempa anak-anak menjadi pribadi yang lebih dewasa dan matang.

Apalagi jika ayah terlibat banyak dalam hal pengasuhan. Beberapa penelitian menyebutkan peran serta ayah dalam pengasuhan akan sangat menentukan kematangan emosi anak. Dari
sekian banyak ‘pelajaran’ yang diberikan orangtua terutama ayah ternyata ada tiga hal yang sangat lekat di ingatan anak-anak. Apa saja hal tersebut?

1. Perasaan aman dan tidak aman
Ayah merupakan sosok pemberi rasa aman bagi anak. Ketika mereka merasa ketakutan, akan dengan mudah lari ke ayah. Penting bagi ayah untuk selalu ada bagi anak-anaknya terutama ketika mereka merasa tak aman.

” Anak akan mengingat bagaimana ayahnya mengusir kecoa yang ditakutinya atau menggendong mereka ketika menyebrang. Ketika anak beranjak dewasa seringkali sosok ayah ‘hilang’, padahal sebenarnya mereka masih butuh rasa aman, jadi pastikan Anda selalu ada di sampingnya ketika anak butuh,” ujar Laura William, seorang psikolog.

2. Perhatian penuh
Apa kenangan yang terukir selamanya di dalam pikiran anak? Mungkin saat Anda segera menaruh ponsel ketika ia ingin bermain tangkap bola atau ingin digendong. Perhatian penuh, baik fisik dan pikiran untuk anak jadi hal berharga bagi mereka. Tatapan penuh perhatian ayah pastinya akan melekat selamanya.

3. Cara berinteraksi dengan pasangan
Penting untuk menjadi contoh bagaimana memperlakukan istri dan perempuandengan baik. Terutama jika anak Anda laki-laki. Anak-anak cenderung melihat dan meniru pola interaksi ayah dan ibunya ketika mereka mulai berhubungan dengan lawan jenis. Jadi sebagai ayah, jadilah contoh yang baik dalam menjalin hubungan penuh kasih.

 

Sumber: dream.co.id

Komentar