oleh

Unik, Negara Terkecil di Dunia, Bisa Dijelajahi Dalam Sehari

Unik-bengkuluone.co.id, Eksistensi suatu negara sekurang-kurangnya harus memenuhi 4 syarat, yaitu adanya pemerintahan yang berdaulat, wilayah, warga negara dan pengakuan dari negara lain. uniknya ada beberapa Negara didunia yang memiliki wilayah hanya dengan luas wilayah tak lebih dari 44 hektar. Bahkan salah satunya ada di atas laut, punya luas wilayah 1,6 kilometer per segi bekas benteng Perang Dunia II.

1. Sealand

Sekilas, tempat ini akan tampak seperti sebuah sarana pengeboran minyak tua. Namun, yang ada lihat itu merupakan sebuah negara. TerletakĀ  di 9,6 kilometer dari lepas pantai Suffolk, Inggris. Negara ini hanya memiliki seluas 1,6 kilometer per segi bekas benteng Perang Dunia II. Tak ada rumah, sarana transportasi, bahkan wahana hiburan. Negara ini hanya terdiri dari dua menara beton yang terhubung oleh sebuah landasan besi beberapa kilometer dari Felixstowe, di perairan internasional.

2. Liberland

Negara Liberland yang diapit oleh dua negara, Kroasia dan Serbia. Negara ini hanya memiliki luas 8 km. Tidak ada bangunan dan hanya dijubeli pepohonan dan ladang. Sesuai dengan undang-undang dasar negara ini, semua orang bisa menjadi warga negara kecuali mereka yang punya masa lalu terkait dengan kelompok komunis, Nazi, atau kelompok lain yang punya catatan kejahatan.

3. Vatikan

Ini merupakan negara terkecil di dunia. Luasnya hanya 44 hektar dengan penduduk sekitar 1000 orang. Uniknya, sumber pemasukan negara ini didapat dari penjualan perangko dan suvenir, tiket masuk museum, serta penjualan buku atau publikasi lain.

4. Monako

 

Luas negara ini hanya 2,02 km persegi. Meski berstatus negara berdaulat, tetapi untuk urusan pertahanan negara mikro ini masih menjadi tanggung jawab Perancis.

5. Nauru

Dulunya negara ini dikenal sebagai Pulau Pleasant. Tetapi, sejak 31 Januari 1968 wilayah ini menjadi sebuah negara berdaulat bernama Republik Nauru. Republik Nauru adalah sebuah negara yang terletak di Samudera Pasifik. Luasnya hanya 21 km persegi.

Komentar