Aland Dinda Pradana: Cerminan Aspirasi Pemuda Indonesia di Kancah Internasional

Bengkulutoday.com, Bogor – Dalam dunia yang semakin terkoneksi, peran pemuda menjadi krusial dalam membentuk masa depan. Salah satu figur yang menonjol dalam mengemban misi ini adalah Aland Dinda Pradana, seorang mahasiswa agribisnis dari IPB University dan content creator yang diikuti oleh ribuan orang di media sosial. Pengalamannya yang kaya dan visinya yang luas telah membawanya ke salah satu panggung paling bergengsi bagi pemuda dari seluruh dunia: World Youth Festival (WYF) 2024 di Rusia.

– Latar Belakang dan Seleksi
Aland, yang dikenal luas di media sosial dengan 77 ribu pengikut, telah membuktikan dirinya bukan hanya sebagai mahasiswa berprestasi tapi juga sebagai pemuda yang peduli pada isu-isu global. Perjalanannya menuju WYF 2024 diawali dengan serangkaian proses seleksi yang menantang. Mulai dari penyerahan dokumen, penulisan esai kritis, hingga tahap wawancara video asynchronous, Aland menghadapi ribuan pesaing dari seluruh Indonesia.

Dalam tahap seleksi, Aland mengambil pendekatan unik dengan memfokuskan pada peran pemuda dalam memimpin perubahan sosial di bidang ekonomi dan pendidikan. “Proses seleksi bukanlah hal yang mudah. Ada ribuan pendaftar dari berbagai wilayah di Indonesia, kami semua diminta untuk menyajikan esai, menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis, serta membuat video yang menggambarkan solusi kami atas isu-isu yang dihadapi oleh Indonesia,” cerita Aland tentang pengalamannya.

– Dukungan dari Pemerintah dan Harapan
Dukungan signifikan datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, yang secara resmi melepas delegasi Indonesia ke WYF 2024. Sandiaga Uno menyampaikan, “Indonesia mengirimkan 155 delegasi, dan kami berharap ini menjadi kesempatan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan, mempromosikan pariwisata, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya serta pengembangan teknologi untuk kemajuan SDM kita.”

Lebih lanjut, Menparekraf mengungkapkan optimisme tentang dampak positif partisipasi Indonesia: “Kami berharap teman-teman yang berpartisipasi di World Youth Festival 2024 akan membawa pulang cerita dan pengalaman yang dapat meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif kita, terutama dalam meningkatkan hubungan dengan Rusia.”

– Visi Aland dan Kontribusinya
Melalui keikutsertaannya di WYF, Aland ingin memperlihatkan kapasitas dan potensi pemuda Indonesia dalam berkontribusi pada pembahasan global. Dengan visi menjadi menteri perdagangan atau pendidikan, ia sangat fokus pada isu ekonomi dan pendidikan di skala global. “Saya ingin menunjukkan bahwa pemuda Indonesia memiliki peran ekstraordinari dalam memajukan ekonomi dan pendidikan, tidak hanya di tingkat nasional tapi juga global,” ujar Aland. Sabtu (23/3/2024)

– Membawa Pulang Inspirasi dan Ide
Perjalanan Aland ke WYF 2024 tidak hanya sebagai delegasi yang mewakili Indonesia, tapi juga sebagai pembelajar yang siap menyerap ilmu, ide, dan inspirasi dari pemuda lainnya dari 180 negara. Dengan membawa pulang pengalaman berharga ini, Aland berharap dapat berkontribusi lebih lanjut untuk Indonesia, terutama dalam mewujudkan visi Indonesia 2045 yang lebih maju, adil, dan sejahtera.

Perjalanan Aland Dinda Pradana merupakan cerita inspiratif tentang bagaimana pemuda Indonesia berani mengambil langkah besar untuk tidak hanya mengembangkan diri sendiri tetapi juga untuk memberikan kontribusi yang signifikan.

Penulis : Rohmat Yusuf

Komentar