oleh

Alokasi Dana Desa 1.513 Desa Provinsi Bengkulu tahun depan Berkurang

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Kanwil Dirjen Perbendaharaan Negara (DJPBN) Provinsi Bengkulu merilis, Pagu Alokasi Dana Desa (DD) untuk 1.513 Desa yang tersebar di 9 wilayah Kabupaten dalam Provinsi Bengkulu pada tahun 2018, akan berkurang sekitar 8,6 persen dari tahun 2017 ini, atau sebesar Rp. 945 milyar.

Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Bengkulu Rinardi mengatakan, untuk Provinsi Bengkulu mengalami penurunan sekitar Rp. 90 milyar, ketimbang tahun ini dengan pagunya Rp. 1,035 triliun.

“Pengurangan karena adanya penyesuaian target pendapatan dari dana APBN. Mengingat Pemerintah tidak bisa mematok pendapatan tinggi, karena realisasi tahun ini, juga harus berjuang untuk memenuhi target pendapatan, terutama dari Pajak. Imbasnya pemerintah juga akan mengurangi porsi untuk dana transfer ke daerah, termasuk di dalamnya DD,” ujarnya, Rabu, (29/11/2017).

Dengan adanya pengurangan itu, di minta, setiap pemerintah daerah, agar mampu mengoptimalkan dana-dana yang ada, termasuk DD.

“Jika tidak ada usaha pertambangan ataupun usaha transaksi yang dihasilkan dari daerah, Pemerintah juga tidak akan mau membagi DBH-nya. Oleh karena itu setiap Pemda harus mengoptimalkan anggaran dana yang ada di daerahnya masing-masing,” pintanya.

Selain itu ditambahkannya, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, harapannya dana yang sudah diberikan ke desa, agar dapat dioptimalkan penggunaannya untuk desa dan kembali ke desa, seperti, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des).

“Harapannya selain mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), juga terjadinya perputaran ekonomi dan benar-benar mensejahterakan masyarakat desa setempat,” tutupnya.(red-2)

Komentar