oleh

Antisipasi Golput, KPU Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula

BENTENG,bengkuluone.co.id – Mengantisipasi terjadi golput pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu periode mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), Sabtu (31/09/2020) pagi menggelar sosialisasi terhadap puluhan calon pemilih pemula dari berbagai SMA sederajat di Kabupaten itu.

Bertempat di Aula Puncak Hotel Tahura, Ketua KPU Benteng, Drs Brotoseno mengatakan, adapun tujuan daripada kegiatan tersebut tak lain sebagai tolak ukur pada pemilu pemilu sebelumnya.

“Intinya, kita mengajak para pemilih pemula untuk peran serta dalam menyampaikan hak pilihnya. Karena pada pemilu terdahulu pemilih pemula rawan untuk tidak menyalurkan hak pilihnya,” ujarnya.

Oleh sebab itu lanjut dia, dengan demikian dirinya berharap ke depan partisipasi pemilih akan semakin meningkat.

“Begitu juga untuk para pemilih pemula jangan sampai mengabaikan hak pilihnya (golput), ” tegas Broto.

Ia menjelaskan, adapun Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilih pemula di Bengkulu Tengah pada tahun ini berjumlah sekitar kurang lebih 1.127 pemilih.

Terpisah, salah satu calon pemilih pemula dari Desa Lubuk Unen, Aulia Rahma Gunawan mengungkapkan dirinya sangat setuju dengan kegiatan ini. Karena dengan demikian pihaknya yang tadinya tidak memahami proses proses pemilihan sekarang menjadi sedikit lebih mengerti.

“Saya baru menginjak usia 17 tahun, dan belum pernah mengikuti jalannya pemilihan. Untuk kesempatan awal ini saya menjadi lebih mengerti dalam menyalurkan hak pilih saya,” kata Aulia.

Ditanya terkait serangkaian serangan menjelang pemilihan nantinya, ia mengaku belum bisa menentukan Pasangan Calon (Paslon) yang akan ia pilih. Namun yang jelas dirinya tidak terpengaruh dengan adanya serengan pajar yang meminta ia untuk memilih kandidat yang di tentukan.

“Kita tidak menerima itu. Apapun yang saya pilih itu murni pilihan dari hati saya,” pungkasnya. (Ben)

Komentar

Berita Terbaru