oleh

Bawaslu Bengkulu Launching Pojok Pengawasan Bersama Masyarakat

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Untuk optimalisasi pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 di wilayah Provinsi Bengkulu, serta juga Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu tahun 2018 di Kota Bengkulu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu, melakukan launching Pusat Partisipasi Masyarakat, dalam bentuk Pojok Pengawasan, bertempat di Sekretariat Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo seusai launching Pojok Pengawasan Bawaslu Provinsi Bengkulu menyatakan, langkah yang dilakukan ini, sebagai wujud ikhtiar pihaknya selaku lembaga pengawasan Pemilu dan penyeragaman pelaksanaan pengawasan di negeri ini.

Selain itu untuk implementasinya, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada jajarannya yang ada di masing-masing daerah, dengan memanfaatkan potensi local.

“Harapannya amanat Undang Undang No.10 tahun 2016, tentang keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif, bisa berjalan maksimal khususnya di wilayah Provinsi Bengkulu. Apalagi Pemilu ataupun Pemilukada merupakan tanggung jawab bersama-sama tapi pihak pengawas juga harus bekerja maksimal,” katanya,” Sabtu (25/11/2017).

Sementara sebelumnnya, Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap menambahkan, dengan adanya Pojok Pengawasan Bawaslu ini semata-mata bersama-sama untuk mengawasi dan menegakan keadilan Pemilu 2019 dan Pilkwakot Bengkulu 2018.

“Pemahaman bersama rakyat awasi Pemilu, salah satu implementasi pengawasan kedepan harus lebih meluaskan konsentrasi dan waktunya untuk menyapa serta berkomunikasi dengan semua stakeholder yang ada di masyarakat, secara baik dan efektif. Sehingga kerja pengawasan bisa maksimal dilaksanakan dalam proses Pemilu kedepan.(red-2)

Komentar