Bhabinkamtibmas Polres Bengkulu Utara Latihan Linmas, dari Wawasan Hingga Baris Berbaris

Bengkulu Utara – Setiap Bhabinkamtibmas turut andil dalam melatih anggota Perlindungan Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Linmas. Keterlibatan Bhabinkamtibmas ini dimaksudkan agar anggota Linmas memiliki kompetensi yang profesional dalam keikutsertaannya melindungi dan menjaga keamanan lingkungan desa.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bripka Devi Aprianto seorang Bhabinkamtibmas desa Gunung besar, kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara ini. Di sela sela kesibukannya, menyempatkan diri terlibat aktif memberikan pembekalan kepada para anggota Linmas di desa binaannya, Rabu, (24/04).

Ditempat terpisah Kapolres Bengkulu Utara AKBP Lambe Patabang Birana, S.I.K., M.H., melalui Kasat Binmas Polres Bengkulu Utara  AKP Aljum Fitri,S.H., MT., mengungkapkan dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas tidak hanya memberikan pembekalan dan wawasan namum juga belajar tentang menjaga keamanan serta melatih kedisiplinan dan kekompakan melalui pelatihan baris berbaris atau PBB.

Sementara itu, Bripka Devi Aprianto menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh linmas Desa Gunung besar  peserta dengan kelompok usia yang bervariasi.
“Oleh sebab itu, dalam menyampaikan materi kita banyak menggunakan pendekatan yang lebih sopan terutama saat pelatihan praktik baris berbaris.” Ujarnya.

Linmas merupakan Satuan perlindungan masyarakat di siapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan dan memelihara keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat dengan kewenangan terbatas.

“Linmas juga bisa berperan dalam membantu penanganan bencana alam maupun kegiatan sosial di masyarakat misalnya kerja bakti, pengamanan pembagian bantuan sosial dan lainnya.” Imbuhnya.

Kemudian Bripka Devi Aprianto, menambahkan bahwa tugas, Linmas tidak hanya sebatas memantau situasi wilayah tetapi juga hadir jika terjadi peristiwa atau kriminalitas maupun bencana alam dan membantu evakuasi bersama aparat keamanan dan warga masyarakat semoga dengan pelatihan ini para linmas lebih aktif lagi dalam menjaga keamanan,ketertiban dan ketentraman di desa Gunung besar,” Ucapnya.

Komentar