oleh

Bina BUMP di 2 Kabupaten, Disnakeswan Bengkulu Bekerjasama Dengan Bank Indonesia

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Bengkulu bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu, untuk melatih Badan Usaha Milik Petani (BUMP) di Kabupaten Seluma dan Rejang Lebong.
Kerjasama pelatihan itu terkait manajemen keuangan, dalam rangka memaksimalkan program pengembangan populasi ternak sapi di Bengkulu.

Kepala Dinaskeswan Provinsi Bengkulu, Drh. Majestika, mengatakan kerjasama tersebut akan dilakukan pada Februari ini dan bentuk pelatihan yang akan dilakukan, berupa peningkatan kapasitas petani ternak tentang mengelola keuangannya.

“Kita inginkan BUMD dapat menjadi badan usaha yang kredibel dan bankable, meskipun dari sembilan BUMP baru dua BUMP ini yang terpilih,” katanya, Senin, (12/2/2018).

Dijelaskan, dengan bankable BUMP tersebut berarti sudah memenuhi persyaratan untuk di terima oleh bank, untuk pinjaman modal.
“Peran Pemerintah Daerah hanya mengawasi saja, karena pelaksanannya tetap sepenuhnya tanggung-jawab BUMP,” ujarnya.

Sebelumnya Disnakeswan Provinsi bekerjasama dengan BUMP telah mendatangkan 500 ekor sapi asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Bahkan mendatangkan ratusan ternak tersebut, tidak menggunakan dana yang bersumber dari APBD ataupun APBN. Tetapi murni dilaksanakan oleh pihak ketiga yaitu BUMP Provinsi Bengkulu.

“BUMP yang terpilih akan mendapatkan modal dan diberikan ternak sapi, untuk dikembang biakkan dan program penggemukan,” tukasnya.(red-2)

Komentar