oleh

Dana Desa Tahap Pertama Siap Dikucurkan ke Kas Desa se Bengkulu

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu menyebutkan, Dana Desa (DD) tahap pertama sebesar 20 persen dari total yang diterima masing-masing desa pada tahun anggaran 2018 ini, siap dikucurkan ke Kas Desa se-Provinsi Bengkulu.

Lantaran desa-desa yang tersebar di 9 Kabupaten dalam wilayah Provinsi Bengkulu, sudah merampungkan syarat untuk mengajukan pencairan DD tahap pertama di maksud.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, Ali Sadikin mengaku, sesuai mekanisme ataupun aturan yang berlaku, saat ini DD siap meluncur ke rekening desa. Pasalnya saat ini syarat-syarat pencairan sudah dirampungkan semua, mulai dari Perda APBD masing-masing Kabupaten, yangg ditindak-lanjuti Peraturan Bupati (Perbup).

“Syarat untuk Peraturan Desa (Perdes) yang juga memuat rencana belanja kegiatan anggaran DD pada tahun berjalan juga sudah rampung. Sehingga DD tahap pertama sebesar 20 persen dari total DD yang diterima masing-masing desa siap diluncurkan ke Kas Desa,” katanya, Kamis, (29/3/2018).

Diakuinya, dari data yang ada sudah beberapa kabupaten DD-nya sudah masuk rekening desa, seperti Kabupaten Bengkulu Tengah, ada 4 desa. Sedangkan untuk Kabupaten Bengkulu Utara diakui, pihaknya belum menerimanya. Sementara di Bengkulu Selata 40 desa, Seluma 8 desa.

“Saya juga menghimbau, agar realisasi DD yang dilakukan masing-masing desa harus mengikuti koridor yang telah ada. Dengan begitu dapat meminimalisir dugaan penyimpangan. Mengingat bagaimanapun juga DD ini dikucurkan pemerintah pusat untuk pembangunan ditingkat desa, yang berdampak meningkatnya kesejahteraan masyarakat setempat,” pungkasnya.(red-1)

Komentar