oleh

Dinkes Akui Kesulitan Temukan Kasus Tb di Masyarakat Bengkulu

Bengkulu-bengkuluone.co.id : Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) kesulitan dalam menemukan kasus Tuberkulosis (Tb) di lingkungan masyarakat di Bengkulu.

Pasalnya untuk menemukan masyarakat yang menderita salah satu penyakit menular tersebut, harus mengunjungi ke setiap rumah warga.

“Untuk mengatasi itu, kita sedang berupaya maksimal, agar bisa mengetahui masyarakat penderita Tb dengan pendekatan keluarga,” ujar Kepala Dinkes Provinsi, Herwan Antoni, di Bengkulu.

Menurutnya, melalui program pendekatan keluarga yang gencar dilaksanakan ini, bisa mendeteksi secara dini penyakit Tb di masyarakat.

Mengingat apabila dalam satu keluarga tidak ada yang menderita penyakit Tb, dipastikannya keluarga tersebut dalam kondisi sehat.

“Kita akan upayakan bisa mendeteksinya secara dini pada satu keluarga. Apalagi kita juga sudah bermitra dengan Organisasi Aisyiyah dan sebagainya,” katanya, Jumat, (3/11/2017).

Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Muharamin menyatakan, pihak Dinkes diduga belum maksimal dalam menanggulangi penyakit Tb. Lantaran dari yang diperolehnya, kasus Tb masih sangat tinggi atau berkisar di angka 1.800 kasus di Bengkulu ini.

“Kita minta pihak Dinkes Provinsi untuk maksimal lagi mencegah penyakit Tb yang masih tinggi di Bengkulu. Apalagi setiap tahun anggaran di sediakan dalam APBD Provinsi,” pintanya mengakhiri.(red)

Komentar