oleh

Disnakeswan Bengkulu Siapkan 65 Vaksin Untuk HPR

Bengkulu, bengkuluone.co.id, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswa) dalam tahun ini, menyiapkan 65 ribu vaksin anti rabies, untuk Hewan Penular Rabies (HPR) dalam wilayah Bengkulu.

Adapun Vaksin rabies itu, disediakan untuk hewan jenis anjing, Kucing, Kera, Monyet, Siamang dan hewan peliharaan lainnya.
Kepala Dinakeswan Provinsi Bengkulu Majestika mengatakan, vaksinasi itu dilakukan untuk mengatasi kasus kematian korban gigitan hewan yang disebabkan oleh rabies.

“Vaksin itu, sebetulnya masih sangat kurang untuk jumlah HPR yang ada saat ini. Mengingat di tahun 2016 lalu terdapat lima kasus kematian yang disebabkan oleh rabies, akibat digigit anjing dari 1.224 kasus. Sedangkan pada 2017 lalu, kasus kematian menurun menjadi dua kasus dari 882 kasus gigitan,” katanya, Rabu, (14/2/2018).

Ditambahkan, di tahun ini, pihaknya menargetkan kasus kematian akibat HPR dapat dihilangkan, melalui pemberian vaksin rabies, dengan akan diprioritaskan pada kantong-kantong penyakit yang masih banyak memiliki HPR.

“Kita juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat, agar menyadari pentingnya kesehatan hewan peliharaannya. Pasalnya dengan kebersihan hewan peliharaan, sangat penting guna mencegah tertularnya rabies kepada manusia,” tutupnya.(red-3)

Komentar