oleh

Disperindag Bersama BPOM Awasi dan Periksa Makanan di Pasar Panorama

Bengkuluone.co.id – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu Kamis (18/6/28) mengajak Dinas Perindag Kota Bengkulu untuk melakukan pengecekan dan uji sampling makanan yang dijual di pasar Panorama.

Kadis Perindag Kota Bengkulu Dewi Dharma mengatakan pihaknya sangat support kegiatan yang dilakukan BPOM untuk pastikan seluruh makanan dan bahan makanan yang beredar di pasar aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Jadi BPOM langsung mengambil sample makanan yang dijual pedagang terutama untuk zat pewarna, pengawet dan lain-lain mulai dari cendol, kerupuk, ikan, mie, bakso dan banyak lainnya. Sample langsung dibawa ke lab yang ada di dalam mobil,” sampai Dewi.

Dikatakan Dewi, pihaknya mendukung program ini dan sekaligus pada waktu bersamaan melakukan sosialisi ke pedagang agar mereka selalu menjaga kesehatan, memakai masker dan selalu mencuci tangan.

Sementara itu, Yunika Sari selaku Kasi Informasi dan Komunikasi BPOM Bengkulu mengatakan ada 50 sample makanan dan bahan makanan yang diambil untuk diuji lab.

“Saat ini kita lakukan pengambilan 50 sampel. Kita punya program Safefood in Market. Seperti ikan, kita lihat ada atau tidak zat pengawetnya. Termasuk bahan makanan yang menggunakan zat pewarna sampai ke zat borax,” jelas Yunika.

Sejauh, sambung Yunika pemeriksaan yang dilakukan di lapangan belum ada temuan bahan berbahaya di Kota Bengkulu. “Nanti habis dari sini (Pasar Panorama) kita juga jadwalkan pemeriksaan di pasar Minggu, pasar Barukoto dan pasar Pagar Dewa,” demikian Yunika. (Red)

Komentar

Berita Terbaru