oleh

DPRD Bengkulu : Tertib Aset Daerah Juga Indikator Raih WTP

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Mengenai banyaknya aset daerah di lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu yang di duga terbengkalai, seperti bangunan Mess Pemda, View Tower, bangunan Mess Persada Bung Karno dan lain sebagainya, mau tidak mau harus bisa dimanfaatkan secara baik kedepannya.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Mulyadi Usman meminta pihak Pemprov melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah agar terlebih dahulu membukukan ulang setiap aset yang ada, agar nantinya bisa termanfaatkan.

Mengingat keberadaan aset tersebut juga sebagai indikator agar Pemprov Bengkulu dalam memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian-WTP dari pihak BPK RI.

“Jika dari aset-aset yang belum jelas peruntukan atau kegunaannya tersebut, agar segera dilakukan pembenahan yang bersifat teknis dan dicarikan solusinya, termasuk persoalan regulasinya. Pasalnya jika dibiarkan aset-aset itu seperti sekarang, diperkirakan opini tertinggi dalam pengelolaan keuangan daerah tersebut, belum akan tercapai, dan juga keberadaan aset yang telah dibangun menggunakan uang rakyat itu, akan bersifat mubazir saja,” ujarnya, Senin, (9/4/2018).

Senada dengan itu Sekretaris Komisi 1 DPRD Provinsi Bengkulu Edi Sunandar menyatakan, mengenai banyaknya aset-aset daerah yang di duga terbengkalai tersebut, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pendataan lapangan dan hasilnya akan disampaikan ke pihak Pemprov Bengkulu.

Setelah itu, pihaknya juga akan membahas kelanjutan pemanfaatan aset tersebut, termasuk soal regulasi dan persoalan anggaran jika aset-aset tersebut sebelum dimanfaatkan, agar dilakukan perbaikan.
“Kemudian kita juga akan membahas ulang terkait pemanfaatan aset-aset tersebut untuk diserahkan kepada pihak ketiga, seperti Mess Pemda dan lain sebagainya,” pungkasnya.(red-3)

Komentar