oleh

DPRD Dukung Plt Gubernur Segera Lakukan Mutasi Pejabat Berkinerja “Buruk”

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Lembaga DPRD Provinsi Bengkulu melalui Komisi 1 mendukung Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah untuk segera melakukan mutasi jabatan terhadap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu, yang kinerjanya “buruk”.

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Edi Sunandar menilai, pihaknya melihat kinerja OPD tertentu, tidak bisa mengimbangi kinerja pimpinannya, terutama dalam aspek penyerapan anggarannya, harus menjadi perhatian Plt Gubernur Bengkulu. Bahkan jika perlu di ganti dengan pejabat daerah yang lebih berkompeten.

Seperti Dinas Pariwisata (Dispar), Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) serta lain sebagainya.

“Kami juga bersifat mengingatkan saja, dalam rencana pergantian pejabat daerah yang kinerjanya lamban nantinya, agar sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku,” katanya, Senin, (27/11/2017).

Selain itu diakui Politisi Nasdem Bengkulu, lambannya kinerja OPD di lingkup Pemprov Bengkulu sekarang ini, diantaranya juga disebabkan masih banyaknya pimpinan OPD yang dijabat oleh seorang Pelaksana Tugas (Plt), termasuk untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu.

Oleh karena itu tidak ada salahnya dalam mengevaluasi kinerja jajarannya, dilakukan secepatnya.

“Jika boleh mengusulkan mutasi dilakukan pada awal tahun depan. Tujuannya, agar para pejabat yang baru dan berkompeten nantinya, bisa langsung menjalankan tupoksinya dari awal tahun,” terangnya.

Lebih jauh ditanya kewenangan Plt Gubernur melakukan mutasi pejabat daerah, dijelaskan Edi, tidak ada larangannya. Tetapi dalam pelaksanaan mutasi jabatan tetap harus melalui persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Jabatan Plt Gubernur sekarang tidak ada hambatan untuk melakukan mutasi. Tapi memang ada proses yang harus dilalui, yakni persetujuan Mendagri dan kebijakan tersebut memang keberpihakan terhadap rakyat. Kita (legislatif,red) pasti mendukung,” tukasnya.(red-2)

Komentar