oleh

DPRD Provinsi Bengkulu Minta Dana BOS Segera Dicairkan

bengkuluone.co.id : Terkait belum cairnya hingga kini dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diperuntukkan bagi SMA/SMK se-Provinsi Bengkulu, Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu meminta pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi mencairkannya.
Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Muharamin mengaku, pihaknya sudah menerima informasi jika dana BOS terhitung sejak Juli lalu belum dicairkan.
Pasalnya tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda pencairannya. Apalagi dana BOS itu sudah masuk ke APBD tahun ini, dan terlebih APBD Perubahan juga sudah diverifikasi, artinya dana BOS juga sudah bisa disalurkan.
“Sepengetahuan kita dalam pembahasan anggaran tidak ada kendala terkait dana BOS. Mengingat dana BOS itu di transfer pemerintah pusat terlebih dahulu masuk ke APBD, sebelum disalurkan ke masing-masing sekolah. Kemudian sekolah mengajukan, dan baru bisa dicairkan,” ujarnya, Rabu (15/11/2017).
Menurutnya, jika kendala anggaran tersebut dimasukan dalam APBD Perubahan, sepengetahuan verifikasinya juga telah selesai, dan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah bisa membelanjakan anggaran.
“Semestinya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi, juga sudah bisa menyalurkan dana BOS. Untuk itu, desak segera dicairkan, karena dana BOS itu besar perannya dalam menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah,” katanya.
Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, ketika dikonfirmasi terkait belum cairnya dana BOS, belum mengetahui penyebabnya secara pasti. Tetapi pihaknya menjanjikan akan menindak lanjutinya.
“Saya rasa harus segera dipenuhi persyaratan teknisnya jika memang itu kendalanya. Sehingga nantinya bisa segera dicairkan,” tukasnya.(red)

Komentar