Edukasi Pemahaman Data, BPS Kota Bengkulu Gelar Workshop PDRB

Dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu menyelenggarakan Workshop Publisitas PDRB, Kamis (30/11/2023) di Lavenrice, Kapuas Raya, Kota Bengkulu. Kegiatan ini juga diikuti Dinas Kominfo Kota Bengkulu.

Kepala BPS Kota Bengkulu Marwansyah mengatakan, tantangan terhadap permintaan data saat ini sangat berat. “BPS adalah institusi pemerintah yang dipercaya menyediakan data yang berkualitas untuk pemerintah, stakeholder dan masyarakat. Karena itu kami harus selalu bekerja keras dalam menyediakan data sesuai dengan regulasi,” ujar Marwansyah.

Kegiatan ini, kata Marwansyah, juga sebagai bentuk penguatan kemitraan antara BPS Kota Bengkulu sebagai Pembina Data dengan Dinas Kominfo Kota Bengkulu sebagai Walidata. “Melalui workshop ini, kita juga berharap terjalin kolaborasi yang semakin baik,” ujarnya.

Adapun materi yang disampaikan adalah Konsep perhitungan PDRB Menurut Pengeluaran yang disampaikan Fathonah Firsand, Inovasi Aplikasi SIKOBAELAH yang saat ini baru dibuat dan akan dikembangkan oleh Ela Nuzul, Publisitas Data dan Informasi Statistik pada Website oleh Meli Handayani, dan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang disampaikan Filo Supianti.

Untuk diketahui, PDRB merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah dalam suatu periode tertentu, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan.

PDRB menurut harga berlaku digunakan untuk mengetahui kemampuan sumber daya ekonomi, pergeseran, dan struktur ekonomi suatu daerah. Sementara itu, PDRB Atas Harga Konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi secara riil dari tahun ke tahun atau pertumbuhan ekonomi yang tidak dipengaruhi oleh faktor harga.

Kegiatan ini diselenggarakan dua hari, Kamis (30/11/2023) dan Jumat (1/12/2023) dan diikuti Statistisi Ahli Madya BPS Kota Bengkulu Sriwiyana Teguh Ananto, Kepala Seksi Statistik Dinas Kominfo Nugroho Tri Putra, dan para Statistisi Ahli Muda, Pertama, Penyelia dan Pelaksana di BPS Kota Bengkulu. (*)

Komentar