oleh

Fakta Menarik Seputar Rumah Sakit Umum Kota Bengkulu

Unik-bengkuluone.co.id, Rumah Sakit Umum Kota Bengkulu merupakan Rumah Sakit pertama yang dibangun oleh Pemerintah Kota Bengkulu, pembangunan Rumah sakit ini merupakan prestasi bagi Pemerintah Kota Bengkulu. ide pembangunan Rumah Sakit muncul setelah melihat  kondisi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat kota Bengkulu yang belum memadai padahal kota Bengkulu telah berumur 295 tahun dan Sudah 15 kali pergantian walikota belum memiliki rumah sakit.

Dalam Proses pembangunan Rumah sakit umum kota Bengkulu ada fakta menarik yang kami rangkum berikut ini  :

1. Rumah Sakit Umum Pertama Milik Pemkot

Rumah Sakit Umum Kota Bengkulu, yaitu Rumah Sakit milik masyarakat Kota Bengkulu, dikelola oleh  Pemda Kota  dan tergolong kedalam Rumah Sakit Kelas D. Rumah Sakit ini telah terdaftar sejak  25 meret 2013 beralamat di  Jl. Basuki Rahmad No 1, Kota Bengkulu, Indonesia.

2. Ide Walikota Bengkulu

Konon kabarnya berdirinya Rumah Sakit Umum kota Bengkulu ide dari walikota Bengkulu Helmi Hasan, Walikota Bengkulu kelahiran Kampung pisang 29 November 1979 Lampung, yang prihatin melihat pelayanan kesehatan di kota Bengkulu yang masih minim saat itu, sehingga beliau terpanggil untuk membuat sebuah Rumah Sakit Umum Kota Bengkulu yang memberikan pelayanan secara khusus bagi warga kota Bengkulu dengan Surat ijin  No. 28 Tahun 2015 dan Tanggal Surat ijin  03/03/2015  ditanda tangani  Walikota Bengkulu dengan Sifat  Tetap, dan berlaku sampai  5 Tahun.

3. Eks Kantor DPRD dan Walikota Bengkulu

Dahulunya  pada saat pertama berdiri Rumah Sakit umum kota menempati bekas Gedung DPRD Kota Bengkulu yang pindah kelokasi perkantoran di kelurahan Bentiring  melihat perkembangan Rumah Sakit yang lambat akhirnya Walikota Bengkulu mengambil langkah strategis dengan memindahkan Kantor Walikota Bengkulu ke Kelurahan Bentiring dan menyerahkan bekas Bangunan kantor Walikota untuk di pergunakan sebagai Rumah Sakit

4. Memiliki Fasilitas Berbintang

“Kita berusaha bahwa pelayanan kesehatan pada RSUD Kota Bengkulu ini harus sama dengan hotel bintang 5,” ungkap Helmi dalam beberapa kesempatan.

Pelayanan hotel bintang 5 tersebut bukanlah isapan jempol belaka, terbukti dari data indeks kepuasan pasien RSUD Kota Bengkulu 2016 lebih dari 50% pasien menyatakan puas dengan pelayanan kesehatan pada RSUD Kota Bengkulu. Data tersebut menyebutkan, untuk fasilitas ruangan perawatan 52,5% pasien merasa puas, 45,9% pasien merasa sangat puas, dan hanya 2,5% saja yang merasa tidak puas. Sementara untuk kebersihan, 52% pasien menyatakan puas, 42% sangat puas, dan hanya 5% yang tidak puas.

 

Komentar