Hadir Ditengah Masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek Ketahun Selesaikan Masalah Melalui Problem Solving

Bengkulu Utara – Pada hari Senin 27 November 2023 pukul 10.30 WIB di kediaman bapak RT Desa Talang Baru Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara diramaikan oleh kehadiran Bhabinkamtibmas setempat, Aipda Ramadhona. Kehadirannya tidak sekadar rutinitas, melainkan untuk meresapi serta menyelesaikan konflik serius terkait dengan penebangan pohon milik orang lain tanpa izin yang punya pohon.

Dalam upaya menanggulangi gejolak dan konflik yang muncul di lingkungan masyarakat dan keluarga akibat permasalahan tersebut, Aipda Ramadhona yang bertugas di Polsek Ketahun Polres Bengkulu Utara memimpin kegiatan problem solving dan mediasi.

Langkah ini diambil dengan melibatkan tiga pilar, yakni unsur kepolisian, pemerintah desa, dan tokoh masyarakat setempat.

Melalui dialog intensif dan pendekatan yang bijaksana, akhirnya berhasil dicapai kesepakatan bersama tanpa adanya unsur paksaan. Kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan menyatukan tekad dalam sebuah surat pernyataan. Keberhasilan mediasi ini tidak hanya menciptakan kedamaian, tetapi juga menguatkan hubungan di antara warga masyarakat.

Dalam momen tersebut, Aipda Ramadhona tidak hanya berperan sebagai penengah konflik, namun juga sebagai penyampai pesan penting kepada masyarakat. Ia menekankan pentingnya menjaga kamtibmas, serta memberikan informasi terkait gangguan keamanan yang mungkin terjadi di sekitar tempat tinggal mereka.

Sebagai langkah konkret, Kapolres Bengkulu Utara AKBP Andy Pramudya Wardana S.I.K., M.M., melalui Kapolsek Ketahun Iptu Freddy Simaremare S.H., juga memberikan sosialisasi layanan pengaduan Polsek Ketahun dimana masyarakat didorong untuk menggunakan berbagai saluran komunikasi, termasuk nomor kontak Polsek Ketahun, ID sosial media (seperti Facebook), dan hotline Polsek Ketahun. Tujuannya tidak hanya sebagai sarana informasi, tetapi juga sebagai kanal pengaduan masyarakat khususnya di Desa Talang Arah.

Kegiatan tersebut berlangsung hingga pukul 11.30 wib, dengan situasi aman dan terkendali serta masyarakat dapat melanjutkan aktivitas mereka dengan sejahtera.

Komentar