oleh

Hasil Tes Laboratorium, Warga Diwarningkan Guna Air Sungai Bengkulu

Bengkuluone.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), secara tegas meminta kepada warga untuk tidak menggunakan air sungai Bengkulu secara langsung, baik mandi maupun konsumsi.

Pasalnya, hasil uji laboratorium yang bekerjasama dengan DLH Provinsi Bengkulu dinyatakan air sungai bengkulu tidak baik untuk kesehatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bengkulu Tengah, Mahendra Gustian, S.Hut, menuturkan berdasarkan parameter air diatas baku dan mutu, apapun penggunaan air sungai intinya tidak sehat.

“Untuk mandi saja tidak baik, apalagi untuk konsumsi,” ujar Mahendra, Rabu (04/09/2019).

Banyaknya warga sebelum hujan turun yang menggunakan air sungai secara langsung, memang menjadi perhatian dari DLH Kabupaten Benteng. Maka dari itu disampaikan Mahendra, pihaknya langsung bergerak cepat meneliti air di laboratorium.

Mengetahui hasil laboratorium tersebut, Mahendra mengimbau agar semua warga tidak lagi menggunakan air sungai Bengkulu untuk keperluan apapun. Karena, secara kasat mata saja air sudah terlihat sangat kotor, apalagi kalau digunakan untuk kebutuhan sampai konsumsi, tentu tidak akan baik untuk kesehatan.

Untuk warga yang masih kekurangan air untuk konsumsi, Mahendra mengharapkan sebaiknya mencari air atau membuat sumur dekat dengan sumber air besar. Hal tersebut berpotensi besar untuk mendapatkan air yang lebih baik daripada air sungai Bengkulu.

Hal itu tentunya berbeda jauh dengan air yang dikelola oleh PDAM Tirta Rafflesia Benteng. Yang mana untuk air PDAM sudah banyak melalui proses pengelolaan untuk menghasilkan air yang bersih dan baik untuk digunakan.

Direktur PDAM Tirta Rafflesia Benteng, Siti Yuningsih nengatakan, kalau air PDAM memang melalui beberapa tahapan dan proses untuk pembersihan terutama agar air layak dikonsumsi warga.

“Meskipun air terlihat jernih, tetap harus melalui proses pembersihan untuk kenyamanan konsumen,” demikian Siti. (Lks)

Komentar

Berita Terbaru