oleh

Helmi Hasan, Ayam Den lapeh

 

Tajuk Rencana- bengkuluone.co.id, Lagu Minang berjudul “Ayam Den Lapeh” merupakan lagu daerah yang terkenal dan populer dihampir semua kalangan masyarakat indonesia, lagu ini cukup riang didengarkan meski bercerita tentang seseorang yang kehilangan sesuatu. didalam lagu tersebut banyak terdapt nasehat bagi yang mendengarkannya.

Salah satu nasehat dalam lagu ini melalui peribahasa “siku capang siku capeh, saikua tabang saikua lapeh (yang dikejar tak dapat, yang sudah ada berlepasan). Peribahasa ini mengajarkan untuk bersyukur tentang apa yang dimiliki dan menjaganya jangan sampai hilang.

Mungkin syair dalam lagu tersebut dapat dijadikan nasehat bagi Helmi Hasan yang masih bimbang dalam menentukan pilihan, apakah akan maju sebagai calon walikota pada Pilwakot Bengkulu atau sebagai wakil Gubernur pada Pilkada Lampung.

Kebimbangan Helmi Hasan ini cukup beralasan sebab pasti beliau memiliki hitung-hitungan politik, sehingga sampai hari ini belum tegas menentukan pilihan dan selalu memberi jawaban yang mengambang dan multi tafsir membuat bingung warga kota Bengkulu khususnya.

Helmi Hasan pernah memastikan tak akan maju dalam Pilwakot 2018 mendatang, meskipun kansnya sebagai kandidat incumbent masih besar (13/4/16), ditanya soal keputusannya ini, Helmi menjawab dengan santai jika saat ini sudah banyak tokoh serta kandidat lain yang layak untuk memimpin kota Bengkulu.

Pernyataan untuk tidak mencalon kembali merupakan hal biasa kita dengar sebagai janji-janji Politisi, yang pada umumnya sebagian besar politisi berjanji demikian merupakan strategi untuk mencari simpati.

Berita terkait pencalonan Helmi memang selalu viral khususnya di pemberiaan online selain sempat memastikan untuk tidak maju Pilwakot Bengkulu 27 juni mendatang namun beliau sempat diberitakan beberapa media online kembali maju Pilwakot Bengkulu 2018. hal tersebut di buktikan dengan adanya dukungan dari DPP PAN, “iya Helmi Hasan maju lagi Pilwakot” kata pengurus DPP PAN Yandri Sosanto (29/11//17).

Berita terbaru yang berkembang Helmi Hasan berpamitan ke warga Bengkulu, adik kandung ketua MPR RI Zulkifli Hasan dikabarkan akan berpasangan dengan petahana Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Helmi bahkan sudah berpamitan kepada seluruh warga Bengkul. “ Selamat Tinggal Kota bengkulu, maafkan saya untuk segala kekurangan dan kesalahan selama memimpin selama lima tahun ini, Semoga Allah SWT memberikan pemimpin yang lebih baik lagi” Minggu (7/1/17).

Sehari sebelumnya 6/1/17, Helmi Hasan sempat di kabarkan maju pilwakot Bengkulu tahun ini melalui Rapat kerja wilayah (Rakerwil) DPW PAN Provinsi Bengkulu Ketua umum Zulkifli Hasan melontarkan pernyataan kepada pengurus dan kader PAN, bahwa Helmi Hasan diteruskan kembali menjadi Walikota dengan maju pada Pilwakot ini atau tidak. jika diminta saya setuju. Tapi apabila tidak biar Helmi maju di lampung.

Teka-teki terkait pencalonan Helmi Hasan ini masih menjadi tanda tanya sebab menurut Benny Suharto, pengurus DPP PAN, keputusan memang belum turun, saat ini Helmi Hasan sedang dipanggil oleh DPP ke Jakarta, sehingga pengumuman hasil konvensi juga ditunda. “Keputusan bulatnya mungkin tanggal 8 malamnya” ujar Benny.

Lagu Ayam Den Lapeh yang  diciptakan oleh Abdul Hamid, mungkin dapat menjadi nasehat bagi kebimbangan Partai Amanat Nasional dan Helmi Hasan khususnya untuk segera tegas dalam menentukan pilihan (red)

Tajuk Rencana Redaksi.

Komentar