oleh

Jelang Idul Adha, Tim Keswan Tinjau Pengepul Sapi

BENTENG,bengkuluone.co.id – Menjelang hari Raya Idul Adha 2020, Dinas Pertanian Bengkulu Tengah (Benteng) melalui bidang Kesehatan Hewan (Keswan) menggelar sidak ke salah satu perternakan sapi di Desa Pekik Nyaring Kabupaten Bengkulu Tengah, Selasa (30/06/2020).

Dalam kesempatan itu, Kabid Perternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian benteng, Padli menuturkan adapun sidak yang pihaknya lakukan merupakan rutinitas tahunan setiap menjelang hari raya kurban untuk menghindari adanya penjualan hewan kurban yang tidak sesuai dengan syariah Islam.

“Ya setiap menjelang idul adha kami dari dinas pertanian sellau melakukan pendataan terhadap pengepul hewan kurban. Barulah dilanjutkan peninjauan kelokasi untuk mengecek secara detail kesehatan maupun kondisi hewan yang diperjual belikan,” ujar Padli.

Bahkan dirinya menilai, sejauh ini untuk penjualan hewan kurban di Kabupaten Bengkulu Tengah dinyatakan masih sangat layak dan tidak ada masalah, baik secara pisik maupun kesehatan hewan.

“Seperti tahun sebelumnya untuk hewan kurban yang ada di pengepul semuanya dalam kondisi sehat dan layak. Ada juga sedikt temuan, yang mana hewan yang dijual buahnya cuma satu atau parakokel, dan itu tidak kita rekomendasi,” ungkapnya.

Karena harus semua ketahui, berdasarkan syariat yang ada, selain segi umur kesehatan hewan sangat perlu. Karena apabila kondisi hewan ada yang cacat atau luka pihaknya tentu tidak akan merekomendasi para pedang untuk di jual sebagai hewan kurban.

“Makanya kita cek sedetail mungkin. Sedikit saja ada luka ataupun titik putih dimata itu tidak diperbolehkan,” tutup Padli.

Komentar

Berita Terbaru