oleh

Kantor Pertanahan Gelar Rapat GTRA Bengkulu Utara Gelar Rapat Koordinasi

Bengkuluone.co.id – Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Utara gelar rapat koordinasi GTRA bahas pemulihan ekonomi daerah pasca pandemi melalui reformaagraria, Senin (30/05/2022).

Asisten I Dullah,SE mengatakan dalam penataan aset meliputi penataan kembali penguasaan pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan lahan, dalm rangka menciptakan keadilan dibidang penguasaan dan pemilikan tanah.

“Didalam sektor pengolahan lahan pangan dan lahan keras seperti perkebunan sawit, sudah jelas kita lihat bersama bahwa adanya kesenjangan ekonomi yang sangat besar dan kasat mata,” kata Dullah, SE

Dalam penataan Akses meliputi pemberian kesempatan akses permodalan maupun bantuan lainnya kepada masyarakat atau subjek reforma agraria dalam rangka meningkatkan kesejahteraan yang berbasis pemanfaatan atau pemberdayaan masyarakat.

Tahun 2022 GTRA mendapatkan target lahan sebesar 2000 Ha tanah untuk diberdayakan dengan baik. Permasalahan dibidang keagrarian yaitu meliputi Sengketa dan konflik agrarian, Ahli fungsi lahan pertanian, Kemiskinan dan pengangguran, Kesenjangan sosial, Turun nya kualitas lingkungan hidup

Penataan Akses meliputi pemberian kesempatan akses permodalan maupun bantuan lainnya kepada masyarakat atau subjek reforma agraria dalam rangka meningkatkan kesejahteraan yang berbasis pemanfaatan atau pemberdayaan masyarakat.

Tahun 2022 GTRA mendapatkan target lahan sebesar 2000 Ha tanah untuk diberdayakan dengan baik.
Permasalahan dibidang keagrarian yaitu meliputi :
1. Sengketa dan konflik agrarian
2. Ahli fungsi lahan pertanian
3. Kemiskinan dan pengangguran
4. Kesenjangan sosial
5. Turun nya kualitas lingkungan hidup

Asisten I Dullah,SE juga berharap sinergitas dan komitmen terkhusus terkait dengan permasalahan penyelesaian konflik agraria, forkopimda dapat melakukan pendampingan dalam upaya mengatasi masalah agraria di Bengkulu Utara

Untuk diketahui, rakor GTRA Bengkulu Utara yang dilaksanakan di salah satu hotel kota bengkulu, kegiatan resmi dibuka oleh Asisten I Dullah,SE mewakili Bupati Mian. (ADV)

Komentar