Kapolres BS Hadiri Pembukaan Rekapitulasi KPU Tingkat Kabupaten Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan – Rekapitulasi komisi pemilihan umum tingkat kabupaten Bengkulu Selatan dimulai, Kamis (29/02/24) dibuka oleh Ketua KPUD Oktarina, yang berlangsung di Gedung Pemuda Manna Bengkulu Selatan.

Mengawali sambutannya, Ketua KPUD Kabupaten Bengkulu Selatan mengatakan bahwa bahwa Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan Suara tingkat Kabupaten ini dilaksanakan berdasarkan Undang-undang nomor 17 tahun 2017 pasal 18 , 19 dan 20 yang menjelaskan tentang tugas, kewajiban dan kewenangan KPU yaitu melakukan, melaksanakan dan mengumumkan rekapitulasi perhitungan suara setiap jenis pemilu.

“Kami berharap kepada para Partai Politik hingga para saksi pasangan calon dan Partai Politik agar bersama-sama menjaga keberlangsungan rapat Pleno ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan Aman” ungkapnya.

Lebih lanjut Ketua KPU menyampaikan terima kasih kepada seluruh Forkopimda yang telah melakukan pengawalan, pengawasan dan membantu KPU dalam melaksanakan seluruh tahapan Pemilu serta telah mensuplai atau membantu Sekertariat pada PPK.

Selain itu, Ketua KPU juga mengucapkan terima kasih dan mengucap syukur kepada Saat Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Florentus Situngkir S.I.K., beserta jajaran, pasca 14 Februari lalu yang mana kondisi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Bengkulu Selatan masih tetap dalam kondisi Aman terkendali, meskipun ada perspektif kerawanan namun semua itu bisa dikendalikan dan bisa dinetralisir secara masif sehingga tidak terjadi gangguan yang cukup signifikan.

Selain itu,saat dikonfirmasi Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Florentus Situngkir S.I.K., mengatakan bahwa saat mengikuti dan memonitor seluruh tahapan dan rangkaian Pleno di seluruh PPK, ia sampaikan terima kasih kepada para pimpinan Partai serta para Calon Legislatif yang telah memberikan arahan dan petunjuk kepada para saksinya untuk tetap menjaga situasi yang Aman dan tertib saat Pleno di tingkat PPK berlangsung.

“Melihat situasi dari pelaksanaan pleno di PPK, saya yakin dan percaya bahwa pimpinan Partai Politik, calon Legislatif dan para saksi juga akan mendukung kelancaran pelaksanaan Pleno di tingkat Kabupaten ini,” tuturnya.

Tentunya, lanjut Kapolres, kami dari Kepolisian tidak bisa mengamankan situasi ini dengan sendirinya, namun kami perlu adanya bantuan beserta dukungan dari seluruh pihak baik itu Stakeholder terkait, Masyarakat, hingga TNI yang selalu aktif bersama-sama dengan kami. Dan Alhamduliah sampai dengan saat ini semua dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.
Diharapkan kepada kita semua, kiranya situasi keamanan dan ketertiban di Tanimbar, saat pungut di TPS serta hitung suara pada PPK, hingga sampai pada KPUD ini dapat menorehkan prestasi, dengan harapan seluruhnya dapat berjalan aman, tertib dan lancar,” imbuhnya.

“Semua ini terjadi karena soliditas, konsistensi dan kebersamaan kita untuk menyukseskan pesta Demokrasi 5 tahunan terutama untuk Pemilu Tahun 2024 ini” tuturnya

Pihaknya berharap proses di tingkat kabupaten dapat berjalan dengan baik dan tetap mengedepankan asas cermat, jujur dan hati-hati dalam melakukan semua perhitungan dan rekapitulasi. Kecermatan dan kejujuran itulah yang akan menghasilkan sebuah komitmen yang besar untuk kita dapat membangun Kabupaten Bengkulu Selatan ini kedepan.

“Koordinasi dan Sinergitas antara KPUD dan Forkopimda juga perlu terus dilakukan untuk memastikan bahwa semua tahapan yang secara normatif, menjadi kewenangan KPUD untuk dapat dikelola dan dilaksanakan dengan baik, tentunya selalu tunduk dan patuh terhadap perundang-undangan yang berlaku” tutupnya.

Kegiatan pembukaan rapat Pleno pun selesai dalam keadaan aman dan kondusif serta ditutup dengan foto bersama. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2024

Komentar