oleh

Kebiasaan Salah Yang Sering dilakukan Pemilik Mobil

Otomotif-bengkuluone.co.id, Untuk menjaga kenyamanan diperjalanan faktor utama yang harus diperhatikan yaitu terkait dengan performa dan kondisi mobil yang tidak hanya tergantung pada perawatan, tapi juga pada kebiasaan pemilik kendaraan. Kebiasaan pengemudi juga bisa mempengaruhi kondisi kendaraan dalam jangka panjang.

Penting diperhatikan bagi pengemudi adalah  perlu mengetahui apa yang harus dihindari saat berkendara. Berikut ini, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengemudi yang kami rangkum

1. Tidak membaca buku manual

 

Buku manual atau buku pedoman pemilik kendaraan wajib dibaca bagi pengemudi sebab banyak informasi seputar mobil mulai dari anjuran-anjuran dari pabrikan hingga informasi mengenai fitur.

Membaca buku manual sangat penting. Dengan membaca buku pedoman itu, pemilik kendaraan bisa lebih mengenal kendaraannya.

2. Tidak memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian

Kondisi kendaraan yang prima akan membawa rasa aman saat melakukan perjalanan jauh. Pemeriksaan kondisi kendaraan  harus  dilakukan secara berkala untuk mengantisipasi perjalanan jauh atau untuk persiapan mobil sebelum mudik luar kota atau untuk perjalanan sangat mendadak.

Agar perjalanan terasa nyaman, hal utama yang harus di cek kondisi dari periksa oli mesin, air radiator, air reservoir, filter dan selang bensin dalam kondisi baik, … Kondisi mobil yang bagus tidak hanya memberikan jaminan keselamatan dan kinerja, tapi juga mendukung keselamatan pengemudi.

3. Tidak memeriksa tekanan angin ban

Pemeriksaan kondisi mobil sangatlah penting untuk dilakukan, hal ini untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang akan terjadi apalagi dalam perjalanan jauh, pastinya kendaraan Anda harus mendapatkan perhatian yang lebih ekstra.

4. Tidak memanaskan mesin

 

Mesin mobil keluaran terbaru relatif tidak perlu dipanaskan terlalu lama, tetapi bukan berarti pengendara bisa langsung “tancap gas” begitu mobil dinyalakan.

Diamkan lebih dahulu selama beberapa detik supaya oli dapat melumasi mesin secara merata. Setelah itu injak pedal gas secara perlahan sekaligus menunggu suhu kerja mesin yang optimal.

 

Komentar