oleh

Kemendes, PDT dan Transmigrasi Akan Bangun Agro Techno Turismzem Park di Bengkulu Utara

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Pemerintah melalui Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Republik Indonesia, akan membangun Agro Techno Turismzem Park, di Kuro Tidur Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

“Kita saat ini sedang melakukan koordinasi dan meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu, agar rencana Agro Techno Turismzem Park yang akan berdiri di atas lahan aset yang sebelumnya dipinjam-pakaikan seluas 241,86 hektar, di Kuro Tidur Bengkulu Utara, secara bertahap dengan menyesuaikan anggaran dananya, pembangunannya bisa di mulai tahun 2018 mendatang,” ungkap Sekretaris Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan, Pelatihan dan Informasi Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi, Jajang Abdullah di Bengkulu.

Dikatakan, rencana Agro Techno Turismzem Park ini, merupakan program lintas menteri, terutama Menristek Dikti, Bappenas, Kementrian PUPR dan Menpar RI, ingin mengembangkan keberadaan balai yang di nilai satu-satunya mumpuni dan berkelas internasional kedepan.

“Sejalan dari hasil koordinasinya dengan Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, agar lahan seluas 241 hektar lebih itu, tidak sampai bermasalah dengan masyarakat setempat. Pasalnya manfaat adanya balai itu untuk masyarakat Bengkulu nantinya,” jelasnya, Sabtu, (9/12/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, Ali Sadikin mengaku, sebagian besar sekarang ini dalam kondisi kosong, namun sebagian kecil ada juga yang telah dimanfaatkan masyarakat.

“Setelah ini, lintas sektoral mulai dari tingkat daerah hingga ke pusat, akan kembali melakukan koordinasi, untuk proses pembebasan lahan yang telah dikuasai oleh masyarakat setempat. Harapan ada solusi terbaiknya nanti,” tukasnya.(red-2)

Komentar