oleh

Kemenkeu bersama Komisi XI DPR RI Sosialisasi Program Ultra Mikro

bengkuluone.co.id, Kementrian Keuangan (Kemenkue) Republik Indonesia melalui Direktorat Kerjasama dan Pembiayaan Kemenkue atau Pusat Investasi Pemerintah (PIP) bersama Komisi XI DPR RI, Senin, (6/11/2017) mengadakan sosialisasi program Ultra Mikro (UMI) dengan melibatkan ratusan pelaku usaha mikro dan masyarakat Bengkulu.

Perwakilan PIP Direktorat Kerjasama dan Pembiayaan Kemenkue RI, Toni Andrianto mengatakan, Program UMI ini menyasar kepada masyarakat yang tidak terjangkau oleh Koperasi Usaha Rakyat (KUR), yang bantuan modal pinjamannya berasal dari perbankan.

Sedangkan untuk sasarannya, selain ada pembiayaan perkelompok tanpa jaminan, juga pembiayaan individual yang menggunakan jaminan.

“Bagi masyarakat yang tidak bisa membentuk kelompok, bisa menggunakan Jasa Penggadaian selaku salah satu pihak yang menyalurkan program PIP UMI. Sehingga dengan strategi ini, diharapkan sebanyak 44 juta masyarakat yang belum tersentuh oleh KUR, dapat mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah,” ungkapnya, Senin, (6/11/2017).

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI Anarulita Muchtar menyatakan, Program UMI ini sangat bagus untuk para pelaku ekonomi mikro. Mengingat selama ini, diakui kesulitan dalam mendapatkan bantuan pinjaman modal untuk usahanya dari perbankkan dengan nilai di bawah Rp. 10 juta.

Untuk itu, dengan program UMI yang diluncurkan Kemenkeu melalui PIP, pihaknya meminta agar disosialisasikan, dan merealisasikan bantuan pinjaman modal usaha kepada masyarakat Bengkulu, tanpa agunan.

“Harapan kita melalui program ini nantinya, disamping pelaku usaha mikro secara bertahap bisa tumbuh dan berkembang, juga perekonomian masyarakat bisa lebih maju lagi,” tandasnya.(red)

Komentar