oleh

KPU Kota Bengkulu Gelar Simulasikan Pencoblosan Untuk Pemilih Pemula

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Untuk memberitakukan proses Pilwakot tahun 2018 ini, Kamis, (15/3/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu menggelar simulasi pemungutan suara Pilkada 2018 bagi pelajar sebagai pemilih pemula di Kota Bengkulu.

“Dengan dibertahukan proses apa saja saat pencoblosan, diharapkan kualitas dan kuantitas suara dari segmen ini nantinya menjadi lebih baik,” ungkap Komisioner KPU Kota Bengkulu M. Alim, di Bengkulu.

Dikatakan Alim, kegiatan simulasi tersebut, juga bertujuan untuk meningkatkan minat pelajar, khususnya pemilih pemula terhadap Pemilu.

“Kedepannya bukan hanya memberikan suara saja, tapi juga terlibat dalam proses Pemilu,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, keterlibatan pelajar dalam praktik dalam simulasi, baik pemilih, penyelenggara, pengawas maupun Paslon, dengan sebanyak tujuh orang menjadi KPPS, empat orang menjadi pemantau pemilu, dua orang pengamanan TPS, dan satu orang sebagai perwakilan pengawas pemilu, serta sejumlah siswa lainnya menjadi pemilih, satu per satu mempraktikkan seperti apa tahapan proses pemungutan suara.

“Kita praktekkan langsung agar pelajar benar-benar mengetahuinya,” katanya.
Senada dengan itu, Ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah menerangkan, kegiatan ini dalam rangka melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula, agar bisa berpartisipasi dalam Pilwakot Juni mendatang dan tidak terpengaruh pada money politics.

“Kita inginkan partisipasi pemilih pemula ini mencapai 80 persen dan ada yang lebih penting adalah menghindarkan pemilih pemula dari bahaya money politik,” terangnya.

Sementara dalam sosialisasi tersebut juga dipaparkan tentang ancaman pidana bagi pelaku praktik politik uang dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) termasuk ancaman bagi masyarakat penerima uang, terhadap sanksi penjara dan denda.(red-3)

Komentar