oleh

Legislator Pusat Minta BPOM Bengkulu Tarik Seluruh Sarden Kemasan Kaleng

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Adanya temuan cacing produk ikan dalam kemasan kaleng Sarden yang saat ini meresahkan masyarakat secara nasional, agar dapat disikapi oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu, dengan menarik seluruh produk Sarden kemasan yang beredar di pasaran.

Anggota Komisi IX DPR RI Elva Hartati, di Bengkulu mengaku, dalam menyikapi masalah temuan tersebut, pihaknya juga sudah melakukan pertemuan Rapat Dengar Pendepat (RDP) dengan pihak Kementerian Kesehatan RI, dan medesak pihak BPOM segera menindaklanjuti temuan di maksud.

“Menjalankan fungsi pengawas harus menarik peredaran-peredaran Sarden dalam kemasan tersebut. Alasannya karena adanya temuan cacing tersebut telah meresahkan masyarakat,” ujarnya Selasa, (3/4/2018).

Selain dilakukan penarikan, Anggota DPR RI dari Dapil Bengkulu ini juga meminta, pihak BPOM melakukan sidak lapangan. Pasalnya kejadian tersebut bukan hanya di beberapa daerah saja, melainkan hampir dari setiap provinsi, telah resah dengan hal demikian.

“Meski diketahui makanan itu sebenarnya adalah makanan rakyat kelas menengah kebawah, sebab gampang dihidangkan dan tidak terlalu repot memasaknya. Tapi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada masyarakat, agar BPOM segera bersikap,” tegasnya.

Dengan adanya pihak BPOM turun ke lapangan, diharapkan tidak ada lagi temuan masyarakat akan produk makanan ikan dalam kemasan kaleng tersebut yang mengandung cacing.

“Penarikan sarden itu jangan hanya terhadap satu produk saja, melainkan produk yang lain, karena harus memastikan seluruh jenis sarden terbebas dari kandungan cacing,” tukasnya.(red-1)

Komentar