oleh

Legislator : Sejumlah Kades di Bengkulu Belum Mengambil DD Tahap Pertama

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Sejumlah Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya dalam wilayah Bengkulu yang belum juga mengambil Dana Desa (DD) tahun 2018 tahap pertama sebesar 20 persen, secara tidak langsung disoroti Anggota Komisi XI DPR RI Anarulita Muchtar tengah.

Dimana pihak Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bengkulu telah menyebutkan, sebagian besar DD tersebut saat ini masih mengendap di rekening kas umum daerah masing-masing.

“Semestinya pemerintah baik tingkat provinsi ataupun kabupaten setempat harus turut berperan mendorong perealisasian DD. Pasalnya DD dikucurkan Pemerintah bertujuan untuk agar pembangunan ditingkatan desa bisa cepat dilakukan, yang tentu saja juga diharapkan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di suatu desa,” ujarnya, Rabu (18/4/2018).

Selain itu Anarulita menjelaskan, jika sinyalemen ketakutan Kades dan perangkatnya tersebut benar, diduga masih minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) ditingkatan desa dalam mengelola DD.
Untuk itu, pemerintah agar menunjukkan perannya, seperti memberikan edukasi supaya SDM pengelola DD benar-benar bisa mengelola DD dimaksud
“Dengan peran aktif dari dari pemerintah tersebut, diperkirakannya tidak ada lagi desa yang takut mencairkan DD. Apalagi jika ada masalah, pemerintah juga dapat memberikan solusi terbaiknya,” katanya.

Disamping itu Ia juga mengingatkan, Kades dan perangkatnya dalam mengelola anggaran DD mengikuti aturan dan koridor hukum yang berlaku.
“Jika tidak sesuai, dipastikan akan bermasalah dikemudian hari nantinya.(red-2)

Komentar