oleh

Masyarakat Kota Bengkulu Inginkan Pemimpin Jujur dan Merakyat

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Lembaga Analisa Suara Rakyat (LASak) bersama Konvensi Rakyat, merilis hasil survey terhadap keinginan masyarakat Kota Bengkulu untuk pemimpinnya lima tahun kedepan.

Survey yang dilakukan dengan melibatkan 450 responden laki-laki dan perempuan tersebar di 9 wilayah Kecamatan dalam Kota Bengkulu dan setiap 50 responden mewakili satu kecamatan.

Direktur Lasak, M Jefri Arlinandes Chandra, dalam Press Riliesnya mengatakan, dari hasil survey yang dilakukan pada tanggal 15 sampai 21 Januari 2018, dalam potensi partisipasi, karakter, program dan pengaruh media terhadap pilihan masyarakat pada Pilwakot 2018 mendatang, masyarakat Kota Bengkulu menginginkan Kepala Daerah yang memiliki karakter jujur dan merakyat.

“Sebanyak 61, 56 persen masyarakat sangat setuju dengan pemimipin yang berkarakter jujur. Lalu 38 persen setuju, 0,22 persen kurang setuju dan 0,22 persen tidak setuju. Sedangkan untuk karakter merakyat, sebanyak 64,22 sangat setuju, 0,83 kurang setuju dan 0,22 tidak setuju,” ungkapnya, Kamis, (1/2/2018).

Selain itu, masyarakat Bengkulu juga menginginkan Kepala Daerah yang tegas dan cerdas.

“Sebanyak 60,89 persen sangat setuju dan 38 persen setuju pemimpin yang tegas. Sedangkan untuk pemimpin yang cerdas sebanyak 57,56 persen sangat setuju,” ujarnya
Disamping itu untuk sisi pembangunan yang diinginkan masyarakat Kota, dijelaskan, mayoritas lebih memprioritaskan pemimpin yang memiliki konsep pembangunan ekonomi. Setelah itu baru pembangunan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Jika program peningkatan ekonomi sudah berjalan, dengan sendirinya infrastruktur serta kesejahteraan akan mengikutinya. Sehingga masyarakat menilai bidang ekonomi lebih prioritas,” paparnya.

Kendati demikian, secara periodik pihaknya juga akan terus mantau perkembangan dengan kembali melakukan survey. Dengan harapan ada suatu hasil yang benar-benar berasal dari keinginan rakyat.

“Hasil survey ini, bisa dijadikan pedoman untuk menyusun program visi misi kandidat. Nanti kami juga akan turun kembali melakukan survey,” tukasnya.(red-3)

Komentar