oleh

Menteri Perindustrian Napak Tilas di Rumah Pengasingan Bung Karno

Bengkulu-inntersisinews.com, Dengan adanya beberapa potensi pariwisata yang ada, industri pariwisata Bengkulu akan bisa maju dan berkembang dengan pesat. Apalagi, Bengkulu juga memiliki latar belakang sejarah, seperti adanya rumah pengasingan Bung Karno, juga di zaman emasn ya komoditi primer, rempah-rempah.

“Kita ketahui kota yang dilalui Raffles di wilayah Indonesia ini, diantaranya Bogor, Bengkulu dan Singapura. Kemudian Bengkulu juga ada Benteng Inggris bernama Marlborough yang di lihat sebagai strategis untuk Inggri ketika itu. Dengan latar tersebut, juga sesudah Banda yang memproduksi rempah-rempah, pala itu ada di Bengkulu, bisa menjadi potensi menghidupkan industri pariwisata Bengkulu,” ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, di sela-sela mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno, Sabtu, (14/4/2018).

Dikatakan, keberadaan rumah pengasingan Bung Karno merupakan moment yang sangat bersejarah, karena ketika itu Bung Karno diasingkan dari hingar bingar perpolitikan negeri. Mengingat di saat Bung Karno di Bengkulu, disamping membuat perkumpulan seni yang bernama “Montekarlo” untuk mendekatkan diri dan berkomunikasi dengan masyarakat Bengkulu, juga sempat ada karya sebagai Insiyur Sipil membangun Masjid Jamik, serta pertemuan dengan beberapa tokoh politik dan muhamadiyah di rumah pengasingan yang terletak di Kelurahan Anggut Atas Kota Bengkulu ini.

“Di saat Bung Karno di sini juga menulis di majalah Muhamadiyah, tentunya ketokohan Bung Karno selama di Bengkulu banyak memberikan manfaat bagi negeri dan Bengkulu yang patut di tiru dan diaplikasikan dalam kehidupan kedepannya, terutama dalam menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini juga berharap, dengan napak tilas sejarah di rumah pengasingan Bung Karno ini agar dapat menjadi renungan bagi semua, khususnya kader Golkar yang berkoalisasi dengan PDIP pada Pilwakot Bengkulu tahun ini, bisa meraih kemenangan.
“Harapan dari sini apa yang menjadi target partai kita bisa tercapai,” demikian Airlangga.(red-2)

Komentar