oleh

OPSI Mendatang, Dua Siswi SMAN 1 Benteng Wakili Bengkulu

Bengkuluone.co.id – Dua siswi kelas tiga SMAN 1 Taba Pasmah, Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), yakni Dwi Sari Putri dan Yosima Veronika menjadi salah satu perwakilan Provinisi Bengkulu di ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di Kota Solo Jawa Tengah bulan Oktober mendatang.

Dalam ajang tersebut kedua siswi kelas tiga bidang IPA itu nantinya akan menunjunkan kemampuan bereksperimen dalam menciftkan energi listrik dengan menggunakan barang bekas jenis plastik dan air laut.

Dikonfirmasi bengkuluone, keduanya mengungkapkan jika keberangkatan kali ini merupakan keberangkatan kedua, yang mana sebelumnya mereka sempat mengikuti ajang yang sama dan meraih peringkat kedua.

“Ini keberangkatan kedua. Sebelumnya kita juga sempat mengikuti dan berhasil merai juara kedua. Kali ini kami juga bertekat untuk meraih hasil maksimal untuk Benteng dan Provinsi Bengkulu,” ujarnya, Senin (23/09/2019).

Sari dan Yosi menceritakan, penemuan tersebut mereka peroleh dari pengalaman dari salah satu mentornya yang merupakan anak elektro. Dari sanalah mereka mendapatkan gagasan untuk menciftkan tegangan listrik berbahan air laut dan plastik.

“Ini memang sudah ada, hanya saja sebelumnya bahan bakunya garam dan plastik bekas. Tapi dikarenakan modalnya cukup besar akhirnya kami memutuskan untuk mengantikan bahan garam dengan air laut. Dan hasilnya terbukti berhasil,” ungkapnya.

Ia mengatakan untuk volume listrik yang dihasilkan tergantung bahan baku. Yang mana jelas dia banyaknya air laut dan bahan plastik yang digunakan, maka tegangan listrik yang diperoleh akan semakin besar.

“Prosesnya panjang dengan melakukan pencairan dan pembakaran bahan baku dan itu dilakukan tertup agar kadar oksigen tidak masuk,” beber dia.

“Hasil dari proses nantinya mampu menciftakan tegangan listrik yang dapat menghidupkan komponen-komponen kecil. Jika menggunakan delapan perempat bahan baku maka tegangan listrik yang dihasilkan sebesar 2 vol. Tapi kalau bahan bakunya makin banyak makin besar pula daya listrik yang dihasilkan,”imbuhnya.

Terpisah Kepala Sekolah SMAN 1 Bengkulu Tengah, Eka Saputra, M.Pd menuturkan, mudah mudahan keduanya mampu meraih hasil fositif, dan mampu mengharumkan nama Bengkulu Tengah ke kanca Nasional maupun Interbesional.

“Kita sangat bersyukur kedua siswi kita terpilih untuk mewakili Bengkulu di ajang OPSI yang diselenggarakan di Kota Solo, 14 hingga 19 oktober mendatang. Dan saya berharap keduanya mampu meraih hasil fositif,” demikian Eka. (BLS)

Komentar

Berita Terbaru