oleh

Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Senator Bengkulu Minta Optimalkan Belanja Pemerintah

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Anggota DPD RI, M. Saleh, di Bengkulu menilai, terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu pada tahun 2017 ini, semestinya tidak mesti terjadi.

Pasalnya saat ini sedang gencar-gencarnya pelaksanaan belanja pemerintah.

“Sekarang ini tidak dipungkiri bahwa penggerak ekonomi yang paling besar di Provinsi Bengkulu, masih pada belanja Pemerintah. Oleh karena itu, baik Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Kabupaten dan Kota bersama DPRD-nya agar lebih cepat berkoordinasi, terutama ketika dana APBD-nya sudah disahkan, semestinya segera direalisasikan kepada masyarakat dan jangan lagi sampai banyak hambatan teknis,”katanya, Sabtu, (16/12/2017).

Dijelaskan, apabila dalam pelaksanaan belanja pemerintah terjadi perlambatan, bukan saja daerah yang rugi, tapi juga masyarakat. Untuk itu Ia minta mekanisme anggaran daerah agar bisa secepatnya diselesaikan dan jangan dimain-mainkan, serta segera laksanakan.

“Saya minta Pemda segera merealisasikan anggaran nya di awal tahun. Jika berjalan dengan baik saya yakini pertumbuhan ekonomi akan berjalan dengan baik,” terangnya.

Sebelumnya, secara terpisah sebelumnya, Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu Endang Kurnia Saputra menjelaskan, tren perekonomian Bengkulu pada tahun 2017 sempat mengalami perlambatan. Dimana pada kuartal I, pertumbuhan ekonomi tahunan Provinsi Bengkulu tercatat tumbuh 5,2 persen, di susul kuartal II hanya 5,04 persen, lalu di kuartal III hanya tumbuh 4,83 persen.

Sedangkan pada kuartal IV ini, Bank Indonesia memprediksi akan membaik, bisa tumbuh pada 5,0 persen.

“Faktor pendorongnya konsumsi rumah tangga mulai membaik, dan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah daerah mulai terealisasi,” tukasnya.(red-2)

Komentar