oleh

Pakar Ekonomi Minta Pemerintah Update Data Penerima BLT BBM

Bengkulu, Bengkuluone.co.id – Pakar Ekonomi Bengkulu, Prof. Dr. Muhartini Salim, SE., MM menilai bantalan sosial yang diberikan pemerintah seiring dengan naiknya harga BBM, bermanfaat bagi masyarakat.

“Bantalan sosial ini tepat dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk memastikan daya beli masyarakat tetap terjaga ditengah kebijakan pengalihan subsidi BBM dan kenaikan harga bahan pokok di pasaran,” ungkapnya.

Namun, Prof. Dr. Muhartini Salim, SE., MM meminta agar pemerintah terus melakukan update data penerima.

“Penyaluran BLT BBM ini harus dilakukan dengan baik dan tepat sasaran, untuk itu pemerintah harus terus melakukan update data penerima,” jelasnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Kamaludin, SE., MM BLT BBM bertujuan untuk menjaga guncangan ekonomi pada kelompok rentan.

“Tujuan bantalan sosial ini untuk menjaga dampak dari suatu guncangan pada ekonomi kelompok rentan yang kurang atau tidak memiliki kemampuan melawan guncang tersebut. Bantalan ini seharusnya bersifat temporer dan jangka pendek utamanya menjaga daya beli dan konsumsi masyarakat rentan.” Ungkap Prof. Dr. Kamaludin, SE., MM.

Pemerintah, menurutnya perlu memiliki data yang akurat dan up to date sehingga program bantuan yang diluncurkan bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Masih banyak masyarakat yang seharusnya mendapat BLT namun belum dapat dan sebaliknya yang tidak berhak malah dapat. Ini harus terus diperbaiki satu sisi ketepatan sasarannya, serta perbaikan dan updating data social registry sangat diperlukan agar masyarakat yang benar- benar membutuhkan dan terdampak dapat tertolong,” pungkasnya.

Komentar