oleh

Panwaslih Bengkulu Lantik dan Berikan Bimtek 67 PPL

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) dan 9 Panwascam Kota Bengkulu, melantik sekaligus memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap 67 orang Petugas Pengawas Lapangan (PPL) se Kota Bengkulu, Rabu, (17/1/2018) di salah satu hotel di kawasan objek wisata Pantai Panjang Bengkulu.

Ketua Panwaslih Kota Bengkulu Rayendra Pirasat mengatakan, setelah ini, para PPL harus langsung turun melakukan pengawasannya. Mengingat tidak ada waktu lagi untuk bermain-main, karena bekerja diperusahaan bisa latihan sampai satu bulan. Tetapi untuk PPL Kota Bengkulu, setelah dilantik, per tanggal 20 Januari sudah harus mulai melakukan pengawasan terhadap proses Coklit DPT bersama PPS.

“PPL yang direkrut melalui Panwascam ini berusia di atas 25 tahun. Harapannya saat ada hal-hal atau kejadian yang terjadi dilapangan, PPL bisa bertanggung jawab dan tetap secara objektif menyelesaikan persoalan dilapangan,” ujarnya

Selain itu Ia juga mengharapkan, PPL dengan masa kerjanya selama enam bulan kedepan, dalam tiga hari sebelum Coklit DPT, agar bisa memahami dan menguasai peraturan yang ada, mulai dari PKPU serta Undang-Undang yang berkaitan dengan pelanggaran pemilu.

“Ini menjadi salah satu tantangan bagi kita dengan rentang waktu yang sempit, harus bersiap menghadapi tantangan dilapangan saat pengawasan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap menyatakan, pengawas bukan pemain politik, melainkan penyelenggara. Untuk itu tugasnya mengawasi agar jalannya pesat demokrasi berjalan dengan baik tanpa kecurangan serta pelanggaran yang dilakukan.

“Dengan telah disumpah, PPL bisa bertugas secara objektif dalam mengawasi Pilkada Kota Bengkulu tahun ini,” pungkasnya.(red-3)

Komentar