oleh

Pelindo : Bengkulu Dinilai Sudah Siap Jadi Pusat Terminal Ternak

Bengkulu-bengkuluone.co.id, PT Pelindo II Bengkulu saat ini terus mempersiapkan rencana Provinsi Bengkulu sebagai salah satu daerah pusat terminal ternak.

Apalagi dari hasil survey dan evaluasi pihak Balai Karantina Hewan Pusat, kawasan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu sangat berpeluang dan dinilai layak menjadi pusat karantina ternak, khususnya sapi.

“Usulan menjadikan Bengkulu sebagai lumbung daging nasional, saat ini tinggal menunggu persetujuan dari Pemerintah melalui Kementrian Pertanian (Kementan) RI.

Harapankita dari 18 Pulau di wilayah Indonesia, Pelabuhan Pulau Baai bisa di pilih oleh Presiden RI Joko Widodo,” ujar General Manager PT. Pelindo II Bengkulu Drajat Sulistyo, di Bengkulu.

Menurutnya, persyaratan untuk menjadikan kawasan Pelabuhan Pulau Baai sebagai pulau karantina ternak ini, secara administrasi seluruhnya sudah dilengkapi, termasuk kesiapan lahan seluas 200 hektar.

Sedangkan secara teknis masih akan dikaji bersama pihak Konsultan dari Kementan RI.
“Harapan kita pengkajian secara teknis dengan pihak Konsultan bisa segera dilakukan. Sehingga target pada tahun 2018, kawasan Pelabuhan Pulau Baai, sudah ditetapkan sebagai pulau karantina ternak,” katanya, Sabtu, (16/12/2017).

Lebih jauh ditambahkan, prospek peluang Provinsi Bengkulu sebagai pusat terminal ternak, karena jalur Samudera Hindia yang langsung bisa berhubungan dengan Australia. Apalagi untuk kebutuhan ternak ini di Pulau Sumatera, sangat tinggi. Sehingga kondisi yang terjadi sekarang masih mengalami deficit.

“Kita ingin menutupi kekurangan itu, Bengkulu bisa menopang swasembada daging. Itu harapan besar kita bersama-sama,” tukasnya.(red-3)

Komentar