oleh

Pelindo Bengkulu Minta Dukungan Semua Untuk Wujudkan KEK

Bengkulu, bengkuluone.co.id : PT Pelindo II Cabang Bengkulu mengharapkan komitmen dan dukungan dari sejumlah pihak terkait, agar rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang dipusatkan di kawasan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu bisa secepatnya terealisasi.

“KEK di Bengkulu yang fokus pada Agribisnis, Industri, dan Logistik tersebut nantinya, akan dapat berperan besar dalam mendongkrak peningkatan ekonomi tepatnya, Produk Domistik Bruto (PDB) Provinsi Bengkulu,” kata General Manager PT Pelindo II Cabang Bengkulu, Hambar Wiyadi, di Bengkulu.

Dikatakan, untuk tahap awal pihaknya telah mengusulkan seluas 409 hektar dari 1.200 hektar total kawasan di Pelabuhan Pulau Baai menjadi KEK. Oleh karena itu dibutuhkan komitmen bersama, terutama dari Pemerintah Kota (Pemkot), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dan stakeholder terkait lainnya.

“Dukungan yang kita maksudkan, seperti kemudahan dalam insentif dan perizinan,: ujarnya, Selasa, (21/8/2018).
Selain itu juga dijelaskan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pelindo pusat, untuk memperoleh rekomendasi kesiapan pembangunan infrastruktur, dan 30 persen ekuitas dari Dewan KEK.

Mengingat untuk dokumen rencana pembangunan KEK sudah dikonsultasikan ke pusat, dan dipresentasikan dihadapan Dewan KEK.

“Jika itu selesai, tinggal pelaksanaannya. Tetapi sebelumnya harus presentasi terakhir di Dewan KEK. Lalu dibawa ke Kementrian Perekonomian (Kemenko), dan selanjuutnya tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres),” terangnya.

Ia juga mengharapkan, untuk tahap awal ini pihak Pemkot Bengkulu dapat segera memberikan izin, dan tidak harus menunggu lagi. Pasalnya jika kembali terus tertunda, dikawatirkan akan berdampak terhadap biaya yang dikeluarkan.

“Apabila KEK ini bisa terwujud di Bengkulu, juga bisa menyerap sekitar 40 ribu orang tenaga kerja. Belum lagi kebutuhan lainnya, di sekitar pelabuhan Pulau Baai, jika mampu dikelola secara baik, diyakini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi daerah Bengkulu,” tukasnya.(red-3)

Komentar

Berita Terbaru