oleh

Penyuluhan Kebakaran, Damkar Dituntut Bangun Pos di Merigi Kelindang

Bengkuluone.co.id – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), menggelar penyuluhan pencegahan kebakaran kepada masyarakat dan stakeholder di kabupaten itu, Jumat (27/09/2019) pagi.

Bertempat di kantor Damkar, Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat Bengkulu Tengah, penyuluan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kejadian kebakaran yang kerap terjadi beberapa minggu terakhir. Baik kebakaran hutan maupun kebakaran lahan.

Oleh sebab itu pihak Damkar sendiri dituntut untuk lebih ekstra dalam menyikapi hal teresebut, salah satunya dengan mendirikan pos pemadam kebakaran di wilayah Kecamatan Meriggi Kelindang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Benteng, Bambang Irawan menuturkan, dari sebelas kecamatan, sejauh ini bengkulu tengah baru memiliki enam pos yang tersebar di enam kecamatan, yakni Kecamatan Pagar Jati, Pondok Kelapa, Taba Penanjung, Bang Haji dan Semidang Lagan.

“Jadi jika ada kebakaran di wilayah merigi kelindang, kami biasanya menurunkan armada dari kecamatan taba penanjung. Karena dari sekian pos yang ada, hanya taba penanjung yang jaraknya lebih dekat,” ujar Bambang.

“Itupun juga sulit bagi kami untuk sampai ke lokasi, karena memakan jarak tempuh yang cukup lama dan kondisi jalan yang sulit ditempuh,” terangnya.

Disampaikan Bambang, untuk pendirian pos Damkar yang di usulkan oleh masyarakat Merigi Kelindang, tentunya pihak Damkar dan Barenlitbang akan mencoba memprioritaskan ajuhan tersebut di 2020 mendatang.

“Tadi sudah didengar langsung usulan oleh kepala Barenlitbang pak Nirzawan. mungkin nanti akan menjadi prioritas kami, khususnya dipengangaran barenlitbang tahun depan,” pungkas Bambang. (BLL)

Komentar

Berita Terbaru