oleh

Pertamina Terapkan BBM Satu Harga di Pulau Enggano

bengkuluone.co.id, Bengkulu : Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, akan Bahan Bakar Minyak (BBM) sesuai Harga Eceran Tertinggi-HET, PT Pertamina secara resmi menerapkan BBM satu harga.
“Setibanya tanki BBM dari PT Pertamina di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak Enggano, harga jual BBM sesuai dengan HET. Dimana di SPBU tersebut, BBM yang disediakan antara lain, jenis Premium harganya Rp. 6.450, Bio Solar Rp. 5.150, dan Pertalite Rp 7.500 masing-masing per liter,” ungkap General Manager Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan PT Pertamina, Erwin Hiswanto disela-sela launching penerapan BBM satu harga di Pulau Enggano, Bengkulu.
Menurutnya, dalam pengangkutan BBM ini, pihakya harus menempuh perjalanan darat dan laut sejauh 100 mil, menembus ombak dan terkadang badai. Tapi harga jualnya tetap sesuai HET.
Mengingat BBM satu harga ini merupakan program Presiden RI khusus untuk daerah tertinggal, terluar dan terjauh, seperti di Bengkulu, Pulau Enggano. Oleh karena itu diharapkan, kedepan masyarkat Pulau Enggano tidak perlu lagi mengeluarkan uang Rp 10.000 hingga Rp 12.000 untuk membeli 1 liter BBM.
“Kendati SPBU Kompak yang terletak di desa Malakoni masih manual, tapi kita pastikan siap melayani masyarakat yang membutuhkan BBM,” ujarnya.
Mengenai stok BBM untuk Enggano, diakuinya, untuk sementara ini diasumsikan rata-rata kebutuhan BBM perbulannya 30 Kilo Liter (KL) jenis premium dan pertalite, serta bio solar 5 KL.
“Pelaksanaan BBM satu harga ini sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM No 36 tahun 2016, tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) dan jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) secara nasional tertanggal 1 Januari 2017,” katanya.
Sementara itu, Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Bengkulu Utara, Untung Pramono selaku Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara menyampaikan apresiasi dan sangat mendukung dengan adanya BBM 1 harga untuk Enggano. Sehingga masyarakat bisa membeli BBM sesuai HET sama dengan tempat lain, di daratan Sumatera, bahkan nasional.
“Diharapkan dengan peresmian ini berdampak dalam menggerakkan ekonomi masyarakat di Enggano, dan nantinya juga ekonomi masyarakat bisa lebih meningkat lagi,” tandasya.(red-3)

Komentar