oleh

PHRI Bengkulu Minta Pemda Lakukan Pembenahan Menyeluruh

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) Bengkulu mengharapkan, Pemerintah Daerah agar meningkatkan upaya promosi wisata, perbaikan infrastruktur dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Industri Pariwisata Bengkulu, dalam menghadapi Wonderful 2020 mendatang.

Ketua BPD PHRI Bengkulu Sony Adnan menyatakan, langkah promosi yang dilakukan Pemerintah Daerah di nilai masih belum maksimal. Apalagi dinilai, kegiatan kepariwisataan yang kebanyakan dilakukan Pemerintah Daerah, belum sepenuhnya melibatkan industri pariwisata yang ada di Bengkulu.

“Masalah infrastruktur khususnya jalan dan sarana prasarana penunjang kepariwisataan, tidak dipungkiri menjadi kendala klasik, termasuk transportasi dari dan ke Bengkulu, masih sangat terbatas. Mulai dari sekarang agar dibehani secara bertagap,” katanya, Minggu, (1/4/2018).

Selain itu menurut, sejalan dengan keberadaan Undang Undang No.10 tahun 2009 tentang pariwisata, juga diwajibkan memiliki SDM yang handal di bidang pariwisata. Untuk itu, mau tidak mau secara bertahap mulai dari sekarang, Pemerintah Daerah melalui dinas teknis agar melakukan perbaikan secara menyeluruh aspek penunjang kepariwisataan.

“Dinas teknis juga harus melakukan perbaikan secara menyeluruh untuk menumbuh kembangkan industri pariwisata dan jangan sendiri-sendiri,” pintanya.
Sementara itu, Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Raflesia Lampung Pungky Nanda di Bengkulu juga menilai, dari hasil evaluasinya selama dua tahun terakhir, khususnya untuk SDM pariwisata, kendati telah mulai menunjukan perbaikan, namun masih perlu dilakukan upaya peningkatan SDM pariwisata agar lebih handal di bidangnya dan siap berdaya saing.

“Kita akan berupaya secara berkesinambungan kedepannya, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM pariwisata melalui uji kompetensi terhadap SDM perhotelan dan restoran yang ada di Bengkulu ini. Harapan kedepan mereka benar-benar kompeten,” pungkasnya.(red-2)

Komentar