Polsek Seluma Hadiri Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Pangan Lokal Tingkat Kabupaten

Seluma – Rabu (08/05/2024) pukul 08.30 WIB Personil Polsek Seluma Timur Aiptu Hendro Sihombing mewakili Kapolsek menghadiri acara Lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya pangan lokal tingkat Kabupaten Seluma Tahun 2024 Bertempat di Alun alun Kota Tais Kel. Pasar Tais Kec. Seluma Kabupaten Seluma.

Kegiatan Lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya pangan lokal tingkat Kabupaten Seluma Tahun 2024 dibuka oleh Sekda Kab. Seluma H. Hadianto,SE,MM,M.Si dan dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Kab. Seluma Herawati Erwin Octavian, SE, Dandim 0425/Seluma diwakili oleh Pasi Intel Lettu Inf Agus Aris, Kapolsek Semula Timur diwakili oleh Kanit Samapta Aiptu Hendro Sihombing, Kepala Dinas Ketahan Pangan Provinsi Bengkulu diwakili oleh Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Sri Budayana, SP.MM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Seluma Amri, M.Pd, Kepala Dinas Sosial Kab. Seluma Elian Suandi, S.ip.M.Si, Kepala Dinas PMD Kab. Seluma Noventri Elmanto, S.Sos, Kepala Dinas Perikanan dan Kelauta Kab. Seluma Zuraini, SP.M.Si, Eselon II, III dan Camat Se-Kabupaten Seluma dan Anggota PKK Kab. Seluma

Sekda Kabupaten Seluma H. Hadianto,SE., M.M., M.Si., mengucapkan kasih kepada seluruh tamu hadirin/undangan yang telah hadir dalam kegiatan Lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya pangan lokal tingkat Kabupaten Seluma Tahun 2024 yang bertempat di Alun-Alun Kota Tais.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan Lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya pangan lokal tingkat Kabupaten Tahun 2023 yang mana saat itu diselenggarakan di Kab. Bengkulu Selatan kita Kab. Seluma mendapatkan juara 1 untuk Lomba B2SA.

Sehubungan dengan Kab. Seluma mendapatkan juara 1 dalam lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya pangan lokal tingkat Kabupaten Tahun 2023 di Kab. Bengkulu Selatan kita Kab. Seluma mendapatkan kesempatan untuk menjadi Tuan Rumah dalam lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya pangan lokal tingkat Provinsi Tahun 2024.

Dalam kegiatan Lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya pangan lokal tingkat Kabupaten Seluma Tahun 2024 di ikuti oleh 14 Kecamatan.

Penyampaian Ketua Dharma Wanita Kab. Seluma Herawati Erwin Octavian, SE :

Pangan, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam UUD 1945.

Penganekaragaman Pangan dan Konsumsi pangan merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan unggul yaitu melalui perbaikan pola konsumsi pangan masyarakat menjadi lebih beragam, baik untuk jenis pangan sumber karbohidrat, sumber protein juga sumber vitamin dan mineral.

konsumsi pangan berkualitas dapat diwujudkan apabila pola konsumsi makanan sehari-hari dilakukan secara tepat, mengandung zat gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Melalui lomba ini, diharapkan dapat memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumber daya alam, dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah, misanya sagu, jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun dan lain-lain yang tersebar di seluruh kecamatan, dengan proses pengolahan menjadi bahan pangan fungsional yang mengandung berbagai nutrisi dan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan dapat membantu penambahan pendapatan rumah tangga.

Untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan sesuai pola pangan harapan (pph), maka secara khusus, kami harapkan kepada tim penggerak pkk kabupaten, kecamatan dan desa, serta organisasi-organisasi wanita yang ada untuk dapat memasyarakatkan betapa pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman yang mengutamakan sumberdaya pangan lokal kepada seluruh masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga.

Juga mengharapkan kepada para camat dan seluruh kepala opd pemerintah kabupaten Seluma dan pihak- pihak yang terkait dengan pengelolaan pangan agar senantiasa melakukan paya-upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan, khususnya di kabupaten Seluma, baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi dan keamanan pangan. Terutama dalam menyikapi perkembangan terkini di tingkat lokal, nasional maupun global.

Adapun Kriteria penilaian dalam lomba Lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya pangan lokal tingkat Kabupaten Seluma Tahun 2024 yaitu antara lain, Sebagai berikut – Citarasa
– Keberagaman
– Porsi
– Penampilan Masakan
– Cara Penyajian
– Keseimbangan antar kelompok pangan lokal (Protein dan Vitamin).

Komentar