oleh

Ratusan Pekerja Perhotelan dan Restoran di Bengkulu Ikuti Uji Kompetensi

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Menyonsong Visit Bengkulu Wondeful 2020, LSP Raflesia Lampung bekerjasama dengan Kemenpar RI, dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bengkulu, melaksanakan sertifikasi uji kompetensi kerja tahun 2018 terhadap ratusan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor pariwisata bidang hotel dan restoran yang ada di Bengkulu.

Menurut Direktur LSP Raflesia Lampung Pungky Nanda, uji kompetensi SDM Pariwisata Bengkulu yang merupakan program Pemerintah Pusat dan daerah, kedua selama dua hari ini ditargetkan untuk sebanyak 200 orang, untuk mengetahui kelayakan dengan profesi yang dijalaninya selama ini.

Dimana dalam uji kompetensi ini, pihaknya melakukan dengan berbagai metode, diantara-nya melihat pengalaman dan referensi kerjanya, wawancara, tes tertulis serta praktek.

“Hasil yang akan dikeluarkan kita dalam bentuk rekom kompeten atau tidaknya, dengan mendapatkan sertifikat atau tidaknya nanti. Artinya, diharapkan, penempatan SDM pada industri pariwisata sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing,” ujarnya, Kamis, (29/3/2018).

Sementara itu, Ketua BPD PHRI Bengkulu Sony Adnan menyambut baik kegiatan yang tidak dipungut biaya atau gratis ini, karena keberadaan SDM kepariwisataan di Bengkulu masih belum terlalu bagus. Sehingga melalui kegiatan ini, bisa lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas dari SDM pariwisata, termasuk untuk para assesornya.

“Diharapkan, kegiatan ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan, agar siap menyambut Wonderful Bengkulu 2020 mendatang dan berdaya saing dengan SDM pariwisata dari daerah lain,” pungkasnya.(red-3)

Komentar