oleh

Razia Masker, Bupati Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan!!

BENTENG,bengkuluone.co.id – Gelaran razia masker oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan pihak TNI/POLRI di ruas jalan Bengkulu – Kepahiang tepatnya di depan terminal Desa Nakau, Rabu (04/11/2020) ternyata disambut baik oleh Bupati Bengkulu Tengah (Benteng) Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH.

Bupati menyampaikan razia masker yang pihaknya lakukan, merupakan salah satu upaya untuk menyadarkan Masyarakat benteng terkait bahaya Covid -19 atau Virus Corona yang saat ini tidak kunjung hilang.

Turun langsung saat razia, Bupati menghimbau agar kiranya masyarakat tetap menjaga kesehatan dan terus mengikuti anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan.

“Sesuai dengan aturan yang ada, benteng sendiri sudah memberlakukan perbup prokes. Meskipun demikian kita tetap giat melakukan sosialisasi terkait bahaya penyebaran covid-19,” kata Bupati.

“Hal tersebut tentunya berlaku bagi semua pihak, baik itu pengguna jalan yang melintas ataupun masyarakat setempat. Apabila semuanya sudah mematuhi aturan penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan, Insyaallah Bengkulu Tengah bersih dari covid,” tegasnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Benteng Gunawan, SE menjelaskan, berdasarkan Inpres Nomor 6 tahun 2020 dan ditindak lanjuti dengan Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 37 tahun 2020, pihaknya selaku leading sektor dari Pemerintah telah melakukan sosialisasi selama satu bulan pul terkait penegakan protokol kesehatan.

“Hari ini pelaksanaan razia diskusi sesuai dengan apa yang ada didalam perbub No 37 tahun 2020, dan alhamdulillah pagi hari ini kami baik Satpol PP bersama tim yang tergabung dari TNI/Polri, BPBD, tim kesehatan, Kominfo dan perhubungan sudah melaksanakan tugas dengan baik sesuai petunjuk dan SOP yang ada serta  didukung secara langsung oleh Bupati Bengkulu Tengah,” terang Gunawan.

Sementara itu sesuai dengan perbub yang dijalankan, untuk sanksi sendiri itu terdiri dari berbagai pilihan, mulai dari sanksi tertulis, sanksi sosial hingga dengan sanksi denda.

“Untuk semua pelanggaran dalam razia ini jumlahnya akan kita rekap. Dan sesuai arahan Bapak bupati untuk sanksi yang diberikan terlebih dahulu tidak diarahkan kepada sanksi denda melainkan sanksi tertulis dan sanksi sosial,” tegasnya.

Lebih lanjut ujar Gunawan, untuk giat hari ini pihaknya sudah menertibkan 23 orang pengguna jalan yang tidak mematuhi protokol kesehatan, salah satunya tidak menggunakan masker.

“Yang seperti inilah yang kita beri sanksi. Semuanya kita beri sanksi yang paling ringan yakni melakukan pembersihan lingkungan sekitar dengan waktu yang diberikan selama 5 menit. Sedangkan untuk anak dibawah umur dan wanita hamil kita berikan sanksi tertulis,” pungkas Gunawan.

Disisi lain Ketua tim PKK Benteng, Hj Elvita mengungkapkan, apa yang dilakukan saat ini merupakan hal yang patut di ikuti dan dipatuhi oleh masyarakat dikarenakan wabah covid-19 belum juga berakhir dari Bengkulu Tengah maupun Provinsi Bengkulu.

“Makanya saya minta untuk masyarakat kita tetap patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan pola hidup 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Insyaallah kalau itu sudah diterapkan mudah mudahan penyebaran covid dapat diatasi. Dan hal itu sudah kita sosialisasikan secara langsung ke pihak masyarakat,” demikian Elvita. (Ben/Adv)

Komentar

Berita Terbaru