oleh

Realisasi Dana Desa Provinsi Bengkulu Tahun ini Sudah 95,51 Persen

Bengkulu, bengkuluone.co.id : Realiasi Dana Desa (DD) Provinsi Bengkulu hingga penyaluran tahap kedua secara total sudah Rp. 988 milyar atau 95,51 persen, dari total alokasi Rp. 1,035 triliun.
Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Negara (DPJBN) Provinsi Bengkulu Rinardi mengatakan, masih belum mencapai 100 persen realisasi DD ini, karena dalam proses penyalurannya melihat progress perealisasian tahap pertama.
Apalagi jika belum terpenuhi, dapat dipastikan penyaluran dana tahap kedua, belum akan diterima desa setempat.
“Pencairan DD itu, melihat realisasi sebelumnya. Kemudian dalam perealiasiannya juga harus dilengkapi pertanggung jawaban administrasi dari perangkat desa setempat,” katanya, Rabu, (29/11/2017).
Lantaran belum optimalnya perealisasian DD tahun ini, dijelaskan, pihaknya meminta melalui Pemerintah Kabupaten setempat agar melakukan pendampingan terhadap perangkat desa, yang masih belum menyampaikan laporan pertanggung jawaban administrasinya.
Pasalnya dari catatan pihaknya, dari 95 persen DD yang sudah masuk ke rekening daerah itu, masih ada yang belum diambil, lantaran pertanggung jawaban administrasi penggunaan DD tahap pertama, belum disampaikan.
“Di himbau Pemerintah Daerah setempat juga harus tegas kepada perangkat desa yang lamban, dengan memberikan batas waktu. Jika batas waktu yang sudah ditentukan tidak juga ada, jangan disalurkan lagi DD tersebut dan akan menjadi Silpa dengan catatan tidak di ganti pada tahun berikutnya,” terangnya.
Sementara, untuk rincian realisasi Dana Desa di Provinsi Bengkulu, sudah 100 persen Kabupaten Lebong, Rejang Lebong, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Lebong, Seluma dan Bengkulu Utara.
Lalu di susul Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur sudah mencapai 99 persen, dan satu-satunya daerah yang masih rendah serapannya, Mukomuko baru sebesar 60 persen.(red-3)

Komentar