oleh

Ridho Ekasari Idrus : Bengkulu Harus Bangga Memiliki Kain Batik Besurek

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Melalui kunjungan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja Bidang Sosial Budaya ke salah satu Rumah Batik Bengkulu di kawasan Penurunan Kota Bengkulu, menyebutkan, Kain Besurek merupakan kerajinan batik yang unik, memiliki kekhasan tersendiri dan tidak dimiliki oleh kultur bangsa atau provinsi lain di Indonesia.

Untuk itu, sudah seharusnya masyarakat Bengkulu bangga akan Batik yang didalamnya mengandung filosofi islam yang dipadukan dengan kekhasan Bengkulu lainnya, salah satunya Bunga Rafflesia Arnoldi.

“Meski tidak seperti huruf asli dari Al-Qur’an, tetapi dengan filosofi berusek ini artinya bersurat atau bermakna. Jadi kita pun kalau memakai itu. Apalagi selain ada karakter budaya juga ada Rafflesia Arnoldi-nya, lalu juga dengan motif-motif, warna-warna cantik. Jadi betul-betul terlihat ciri khasnya,” ujar anggota OASE Kabinet Kerja Bidang Sosial Budaya, Ridho Ekasari Idrus yang juga merupakan istri dari Menteri Sosial RI Idrus Marham.

Selain itu Ridho Ekasari Idrus juga berharap, Kain Besurek ini tidak hanya dikenal dan diminati oleh masyarakat Bumi Rafflesia atau masyarakat Sumetera saja. Tetapi juga bisa dikenal hingga ke tingkat Nasional bahkan Internasional.

“Kita juga akan membantu dalam hal promosi Batik Khas Bengkulu ini. Saya lihat perpaduan warnanya sekarang sudah sangat bagus dan mengikuti perkembangan zaman sekarang,” terangnya.

Senada dengan itu, Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Perekonomian dan Pembangunan Yuliswani menambahkan, Pemda Provinsi Bengkulu melalui dinas teknis terkait telah bekerjasama dengan para pengrajin, dan akan terus berkreasi serta mempromosikan Kain Besurek.

“Sejauh ini pembinaan dan kerjasama dengan para pengrajin juga terus dilakukan oleh dinas teknis. Kedepan akan kita tingkatkan lagi dan harapan semua pihak juga mendukung langkah ini,” tutupnya.(red-1)

Komentar