Satgas Pangan Kecamatan Manna Pantau Harga Sembako dan Stok Beras Digudang Bulog

Bengkulu Selatan – Satgas Pangan Tingkat Kecamatan Manna yang di komandoi oleh Kapolsek Manna Iptu. Asep Syahmulyana, S. I.Kom., bersama Danramil 05 Kayu Kunyit Kapt. Inf. Edi Setiawan dan Camat Manna Arief Gunawan, S.Pt bersama personilnya melakukan pemantauan harga sembako dan stok beras di gudang Bulog Bengkulu Selatan, pada Rabu (28/02/24).

Dari hasil monitoring dilapangan tersebut didapatkan data dan informasi dari Ka Bulog Bengkulu Selatan Bpk. Indra yaitu sebagai berikut :
1. Stok beras di Komplek pergudangan Bulog Kota Padang Bengkulu Selatan sampai dengan saat ini sebanyak +- 80 Ton beras.

2. Dalam waktu beberapa dekat juga akan masuk lagi stok beras bulan Februari ke Komplek pergudangan Bulog Kota Padang dari Prov. Lampung +- 83 Ton beras.

3. Untuk jatah bulan Maret 2023 juga akan masuk stok beras ke Komplek pergudangan Bulog Kota Padang 500 Ton beras.

4. Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional yang telah menunjuk Perum Bulog untuk menyalurkan SPHP Beras, untuk Harga Eceran Tertinggi :
– Harga tebus Mitra ke Perum Bulog Rp. 10.250,- Per Kg, kemasan 5 Kg.
– Harga jual dari Mintra ke Masyarakat Rp. 11.500,- Per Kg, Kemasan 5 Kg.

5. Untuk saat ini belum terdapat Satgas Perum Bulog dan Belum pernah di laksanakan kegiatan Ops Pasar dengan menggunakan Beras SPHP.

Ditempat terpisah Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Florentus Situngkir S.I.K., melalui Kasi Humas AKP Sarmadi mengatakan Dari hasil monitoring diperoleh data Perkembangan harga sembako di Wilayah Kab. Bengkulu Selatan yang relatip stabil dan Ketersediaan stok sembako dipasar masih memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Harga sembako di Wilayah Kab. Bengkulu Selatan yang relatip stabil dan ketersediaan stok sembako dipasar masih memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Kasi Humas Akp Sarmadi .

Lebih lanjut Kasi Humas menjelaskan bahwa stok beras yang berada di gudang Bulog Bengkulu Selatan masih mencukupi. Karena sampai hari ini Rabu, 28 Februari 2024 bulog masih menyimpan 80 ton beras.

Tim Satgas Pangan tingkat Kecamatan Manna terus Melakukan koordinasi dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Perindagkop dan UM Kabupaten Bengkulu Selatan untuk melakukan pemantauan dan pengawasan harga bahan pangan di pasar dalam hal mengantisipasi adanya oknum yang dengan sengaja melakukan kenaikan harga demi mendapatkan keuntungan pribadi sehingga dapat mempengaruhi harga pasar,” pungkas Kasi Humas Akp Sarmadi.

Komentar