oleh

Senator Riri Damayanti Minta Peran Perpustakaan Nasional Entaskan Kemiskinan

Bengkulu-bengkuluone.co.id,  Anggota DPD RI Riri Damayanti meminta, Perpusatakaan Nasional untuk berperan lebih aktif dalam membina, dan mengarahkan Perpustakaan-perpustakaan daerah dalam memodernisasikan sarana dan prasaranya. Mengingat perpustakaan memiliki peran aktif dalam mengentaskan kemiskinan.

“Pemberian ilmu pengetahuan kepada warga masyarakat dengan bacaan-bacaan yang berkualitas. Di Bengkulu, peran perpustakaan dalam hal ini sangat dibutuhkan,” ungkap anggota Komite III DPD RI ini, Sabtu, (10/2/2018).

Selain itu Riri menjelaskan, kemiskinan hanya dapat dilawan secara efektif dengan pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.

Apalagi jika rakyat miskin memiliki pendidikan dan ilmu pengetahuan, maka mata rantai kemiskinannya pasti akan terputus.

“Kita selaku pemerintah harus menghadirkan perpustakaan-perpustakaan di daerah-daerah padat penduduk miskin dan kawasan terisolir, termasuk menggerakkan budaya membacanya,” papar Anggota DPD RI dari Dapil Bengkulu ini.

Disamping itu Riri juga berharap, agar Pemerintah Daerah dapat meningkatkan pengawasan, dan pemantauan terhadap minat baca masyarakat di desa-desa secara berkelanjutan.

Dengan adanya pantauan tersebut, pemerintah memiliki peta yang jelas dimana upaya untuk meningkatkan minat baca harus diperkuat.

“Kemiskinan tidak akan berakhir tanpa ada masyarakat yang berpengetahuan dan memiliki keahlian yang sumbernya bisa didapatkan melalui buku-buku yang ada di perpustakaan,” tutupnya.(red-2)

Komentar