Tadabur Alam Mahasiswa PKU-MI di Puncak Big Bear Lake Amerika Serikat

Big Bear Lake, 27 Februari 2024 – Dalam sebuah kegiatan yang menggabungkan keindahan alam dengan refleksi spiritual, mahasiswa Program Short Course Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKU-MI) mengadakan sesi Tadabur Alam yang dipandu oleh Prof. Muhammad Ali di puncak indah Big Bear Lake, California Selatan.

Hari yang cerah ini diisi dengan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperdalam penghargaan terhadap kebesaran ciptaan Tuhan. Kegiatan dimulai dengan sesi hiburan di mana mahasiswa dapat menikmati kegembiraan bermain seluncuran di bukit salju yang putih bersih. Ini bukan sekadar hiburan, tetapi juga menjadi pengantar bagi mereka untuk merasakan dan menyatu dengan alam sekitar.

Sesi dilanjutkan dengan makan siang bersama di bawah dinginnya udara pegunungan, di mana mahasiswa dapat merasakan kehangatan persaudaraan dan keindahan alam sekitar. Kegiatan ini diikuti dengan perjalanan ke puncak Big Bear, di mana mereka disuguhi pemandangan pegunungan yang menakjubkan, yang diselimuti kabut tipis, mengajak mereka untuk merenung dan bersyukur atas keindahan ciptaan Allah.

Perjalanan kemudian berlanjut ke pusat kota Big Bear Lake, di mana mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengenal lebih dekat kehidupan lokal dan menikmati keindahan danau sambil menyeruput cokelat panas. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman baru, tetapi juga memperkaya pengetahuan mereka tentang budaya dan sejarah lokal.

Kegembiraan dan antusiasme mahasiswa sangat terasa, dengan banyak dari mereka mengungkapkan perasaan syukur dan kagum yang mendalam melalui dzikir dan refleksi pribadi. Momen khusus kebersamaan, tawa, dan pertukaran budaya dengan penduduk lokal dan wisatawan dari berbagai daerah menambah pengalaman yang tak terlupakan.

Esok hari, rangkaian kegiatan akan dilanjutkan dengan acara ‘meet and greet’ bersama mahasiswa J1 dan visiting scholar dari berbagai negara di University of California, Riverside (UCR). Ini akan menjadi bagian dari orientasi mereka di UCR, menjanjikan lebih banyak kesempatan untuk belajar dan bertukar pengalaman.

Kegiatan Tadabur Alam ini tidak hanya menjadi sarana introspeksi dan pengenalan budaya, tapi juga membuktikan bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas, melainkan juga melalui interaksi nyata dengan alam dan lingkungan sekitar. Ini adalah pengingat bahwa alam semesta adalah kelas terbesar, di mana setiap sudutnya sarat dengan pelajaran hidup dan spiritualitas.

Komentar