oleh

Tahun Ini, Bagikan Alsintan dan Program 400 Ha Sawah Berlanjut

Bengkulu-bengkuluone.co.id, Dalam meningkatkan produksi beras di Provinsi Bengkulu, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu pada tahun ini, kembali akan mencetak areal persawahan baru, dan mendistribusikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) bagi Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu.

“Khusus untuk pencetakan sawah baru di lakukan di Kabupaten Mukomuko, dan berdasarkan perencanannya seluas 400 Hektar,” ungkap Kepala Dinas TPHP Provinsi, Ir. Ricky Gunarwan, di Bengkulu.

Selain itu dikatakan, dalam tahun ini juga akan disalurkan bantuan Alsintan bagi petani yang tergabung dalam Poktan.
Hanya saja, bantuan yang diberikan berbeda dengan yang sebelumnya. Dimana mekanismenya di kemas dalam bentu bantuan sosial (Bansos) secara langsung kepada Poktan.

“Anggaran bantuan alsintan disamping berasal dari APBN dan juga APBD Provinsi Bengkulu. Sistemnya tetap berdasarkan pengajuan proposal dari Poktan. Sehingga nantinya bantuan tersebut bisa terdata dengan baik,” terangnya.

Lebih jauh ditambahkannya, kegiatan pembukaan areal persawahan baru dan pembagian alsintan, merupakan upaya pemerintah dalam mendorong produksi pertanian serta luas tanam padi sawah dan ladang.

“Diharapkan nantinya para petani juga harus benar-benar menjalankan program pertanian dengan penuh komitmen, terutama untuk pemenuhan target produksi serta luas tanam yang ada di wilayahnya masing-masing,” tutupnya.(red-3)

Komentar