oleh

Tahun ini, Dinas TPHP Bengkulu Galakan Penanaman Rempah-rempah


Bengkulu-bengkuluone.co.id, Sebagai kontribusi Provinsi Bengkulu dalam mengembalikan kejayaan bangsa Indonesia selaku wilayah penghasil rempah-rempah, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi mulai tahun ini akan mengembangkan kembali penanaman pala, lada, cengkeh dan kopi.

Kepala Dinas TPHP Provinsi, Ricky Gunarwan mengaku, khusus untuk tanaman kopi saat ini sudah menjadi komiditas unggulan Bengkulu dan malahan telah mulai banyak dikenal oleh masyarakat luar.

“Untuk komoditi unggulan lainnya, seperti karet dan sawit, khusus tanaman sawit lantaran dinilai sudah mampu mengelola dana sendiri, tidak lagi dibiayai oleh dana APBN maupun APBD Provinsi Bengkulu, melainkan bersumber dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP),” katanya, Kamis, (25/1/2018).

Selain itu mengenai pengembangan tanaman Pala, Ricky menjelaskan, mulai tahun ini akan dikembangkan kembali hampir di seluruh wilayah kabupaten dalam Provinsi Bengkulu.
Hanya saja untuk besaran dana, dan luasan lahan yang akan ditanam, Ia belum hafal betul.

“Untuk lahannya sendiri juga masih akan dikoordinasikan dahulu dengan dinas teknis yang ada di wilayah kabupaten. Hanya saja di Bengkulu ini diketahui sudah ada pabriknya. Sehingga jika program ini berhasil, diyakini bisa memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat petani kebun kedepannya,” pungkasnya.(red)

Komentar